Bisa Mencegah Stres dan Gangguan Kecemasan, Berikut 8 Manfaat Minyak Nilam untuk Kesehatan

Bisa Mencegah Stres dan Gangguan Kecemasan, Berikut 8 Manfaat Minyak Nilam untuk Kesehatan

Minyak nilam dikenal juga sebagai patchouli oil-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Mungkin sebagian besar orang masih asing dengan minyak esensial bernama minyak nilam. Minyak esensial yang berasal dari daun tanaman nilam (Pogostemon cablin) ini yang banyak dibudidayakan di Sulawesi dan Sumatera karena memiliki ragam manfaat untuk kesehatan.

Minyak esensial ini memancarkan aroma musky yang menenangkan dan menghangatkan sehingga sering dijadikan sebagai aromaterapi untuk mengatasi berbagai keluhan fisik dan mental.

Minyak nilam dikenal juga sebagai patchouli oil. Aroma minyak nilam digambarkan seperti wangi kayu yang ringan dengan sedikit sentuhan manis dan pedas. 

Berkat aromanya yang unik, minyak nilam umum digunakan sebagai bahan tambahan pewangi pada beberapa produk, seperti parfum, kosmetik, dan produk perawatan kulit.

Minyak nilam diketahui memiliki komponen bioaktif yang bersifat antiradang, antinyeri, antivirus, antidepresan, dan antimikroba yang berguna dalam mengatasi berbagai keluhan. Beberapa manfaat minyak nilam yang bisa diperoleh adalah:

BACA JUGA:Terbuat dari Campuran Bahan Alami, Inilah 8 Manfaat Body Butter untuk Kesehatan Kulit

1. Meredakan gejala masuk angin

Manfaat utama minyak nilam adalah meredakan gejala masuk angin. Nah, mengoleskan minyak nilam ke kulit, terutama bagian perut dan dada, bisa meredakan berbagai gejala masuk angin. 

Aroma khasnya yang lembut, menenangkan, dan pedas mampu menghangatkan tubuh dan membuat tubuh lebih relaks. Dengan begitu, ketidaknyamanan akibat masuk angin pun bisa teralihkan.

2. Meredakan radang dan nyeri

Minyak nilam memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan serta mengurangi nyeri pada tubuh. Penggunaan minyak ini dapat membantu mengurangi nyeri otot dan sendi.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Minyak nilam memiliki sifat antimikroba dan imunomodulator yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Penggunaan minyak ini secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

BACA JUGA:Tips Memberi Pakan pada Budidaya Ikan Gabus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: