Disebabkan Berbagai Faktor, Inilah 9 Penyebab Kulit Kering yang Umum Terjadi

Disebabkan Berbagai Faktor, Inilah 9 Penyebab Kulit Kering yang Umum Terjadi

Penyebab kulit kering yang sering terjadi -Pinterest-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kulit kering atau xerosis adalah kondisi umum yang dapat dialami oleh siapa saja, terlepas dari usia dan jenis kulit. 

Kondisi ini ditandai dengan kurangnya kelembapan pada lapisan luar kulit, yang dapat menyebabkan rasa kasar, bersisik, gatal, atau bahkan pecah-pecah. 

Kulit kering bisa menjadi masalah sementara, seperti yang terjadi di musim dingin atau karena paparan faktor lingkungan, namun bisa juga menjadi kondisi yang berlangsung lama jika tidak ditangani dengan baik. 

Memahami penyebab kulit kering penting agar bisa merawat dan mencegahnya dengan tepat. Berikut penyebab kulit kering yang sering terjadi. 

BACA JUGA:Manfaat Luar Biasa Kacang Tanah sebagai Teman Dietmu

BACA JUGA:Biar Tahu! Ternyata Ini Perbedaan Kadas Dan Kurap

1. Udara kering

Saat cuaca dingin tiba, udara sekitar cenderung kering sehingga suka mencuri kelembaban dari kulit manusia. Biasanya hal ini bukan masalah besar bagi negara tropis seperti Indonesia.

Namun yang menjadi masalah adalah penggunaan AC yang juga bisa menjadi salah satu penyebab kulit kering. Suhu AC yang terlalu dingin dapat menyebabkan udara ruangan menjadi kurang lembap. Akibatnya, kulit lambat laun makin kering dan terasa tidak nyaman.

Untuk membalikkan efek buruk tersebut, gunakan pelembab dan aturlah agar suhu AC tidak tertalu dingin. Saat cuaca di luar panas, Anda juga bisa memperlengkapi diri dengan topi, scarf, maupun sarung tangan saat pergi ke luar.

2. Sabun

Sabun bisa dengan cepat menghilangkan minyak alami pelindung kulit. Yang tak banyak orang tahu adalah kita tak perlu mengoleskan sabun ke seluruh tubuh saat mandi.

BACA JUGA:Penyakit Thalasemia Termasuk Berbahaya! Ini Cara Pengobatannya

BACA JUGA:Biar Tahu! Ternyata Ini Perbedaan Kadas Dan Kurap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: