Disebabkan Berbagai Faktor, Inilah 9 Penyebab Kulit Kering yang Umum Terjadi

Disebabkan Berbagai Faktor, Inilah 9 Penyebab Kulit Kering yang Umum Terjadi

Penyebab kulit kering yang sering terjadi -Pinterest-

7. Mandi air panas secara teratur

Mandi air panas dan sauna memang bisa membantu merilekskan tubuh. Namun jika dilakukan terlalu sering atau terlalu lama, kebiasaan ini justru bisa menyebabkan kulit kering. Memang suhu yang terlalu panas akan menurunkan kemampuan alami kulit dalam menghidrasi.

Tak hanya mandi air panas dan sauna, terlalu banyak beraktivitas di bawah terik matahari juga bisa menyebabkan kulit kering.

8. Kondisi kesehatan tertentu

Ada banyak penyakit atau gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan kulit kering, bersisik, merah, misalnya dermatitis atopik, eksim, atau psoriasis. Kondisi ini juga bisa menyebabkan kulit gatal.

Selain itu, kulit kering juga bisa disebabkan oleh penyakit ginjal, iktiosis, gangguan tiroid, malnutrisi, dan diabetes.

BACA JUGA:Body Shaming: Perilaku Buruk yang Harus Dihentikan

BACA JUGA:Ini Cara Melakukan CPR! Pertolongan Pertama Henti Jantung

9. Efek samping obat

Konsumsi obat tertentu dapat menimbulkan efek samping berupa kulit kering. Beberapa obat tersebut antara lain diuretik, obat penurun kolesterol seperti statin, obat retinoid seperti isotretinoin, dan obat kemoterapi.

Itulah beberapa penyabab kulit kering yang bisa Anda ketahui agar dapat mencegah dan mengatasi jika Anda mengalami hal yang sama. 

Selain itu, mengetahui penyebab spesifik dari kulit kering sangat penting agar dapat memilih perawatan yang tepat dan mencegah kondisi ini memburuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: