Disebabkan Berbagai Faktor, Inilah 9 Penyebab Kulit Kering yang Umum Terjadi

Disebabkan Berbagai Faktor, Inilah 9 Penyebab Kulit Kering yang Umum Terjadi

Penyebab kulit kering yang sering terjadi -Pinterest-

Cukup aplikasikan sabun pada bagian tubuh yang memang kotor seperti wajah, tangan, kaki, selangkangan, dan ketiak. Sisa bagian tubuh lainnya cukup dibilas dengan air saja.

Sebaiknya pilihlah sabun yang ringan dan bebas pewangi. Hindari sabun yang mengandung bahan terlalu keras seperti deodoran atau antibakteri.

3. Iritasi kulit

Iritasi adalah salah satu penyebab paling umum dari kulit kering. Pemicunya bisa bermacam-macam, mulai dari paparan debu dan polusi, antiseptik pada sabun mandi, alkohol pada parfum, dan deterjen pada sabun cuci.

Paparan berbagai bahan kimia dapat menurunkan produksi minyak alami pada lapisan kulit (sebum) yang membantu menjaga kelembapan.

BACA JUGA:Penyakit Thalasemia Termasuk Berbahaya! Ini Cara Pengobatannya

BACA JUGA:Biar Tahu! Ternyata Ini Perbedaan Kadas Dan Kurap

4. Kebiasaan menggosok kulit

Sering menggosok kulit dengan spons atau menggosok saat mandi atau menggosok badan terlalu kuat dengan handuk juga dapat menyebabkan kulit kering. Pasalnya, jika kulit terlalu sering dan terlalu keras digosok, maka kelembapan permukaan kulit akan berkurang.

5. Penuaan

Faktor penuaan juga bisa menyebabkan kulit kering. Seiring bertambahnya usia, kulit Anda menjadi lebih tipis sehingga lebih rentan terhadap kekeringan. Hal ini mungkin disebabkan oleh berkurangnya kolagen dan sebum pada kulit.

6. Perubahan cuaca

Perubahan cuaca mempengaruhi kelembaban udara. Semakin rendah kelembapan udara maka kulit akan semakin kering.

BACA JUGA:Tangan Sering Kesemutan? Ini Penyebab dan Cara Mengobatinya

BACA JUGA:Body Shaming: Perilaku Buruk yang Harus Dihentikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: