Simak 7 Penyebab Indikator Bensin Mobil yang Tidak Akurat

Simak 7 Penyebab Indikator Bensin Mobil yang Tidak Akurat

Faktor yang menyebabkan indikator bensin mobil tidak akura-Pinterest -

3. Kabel rusak

Indikator bensin yang tidak akurat juga dapat disebabkan karena kerusakan kabel. Kerusakan tersebut biasanya disebabkan oleh korsleting listrik ataupun kabel terkelupas. 

Kabel di dalam mesin mobil memiliki fungsi sebagai penghantar arus listrik yang dibutuhkan sistem kelistrikan mobil. Saat kabel mengalami kerusakan maka arus listrik sulit dihantar dan berdampak pada tidak berfungsinya komponen mobil seperti indikator bensin yang tidak akurat.

4. Tangki bensin rusak

Siapa sangka tangki bensin yang rusak bisa jadi penyebab indikator bensin naik turun. Dibandingkan kerusakan komponen mobil yang lain, kerusakan tangki bensin memang terlihat remeh. 

Namun, memberikan dampak yang cukup signifikan yakni indikator bensin yang tidak dapat berfungsi dengan normal.

Pada tingkat kerusakan yang parah, tangki bensin dapat menyentuh sisi pelampung bensin sehingga menghambat kerja pelampung untuk memberikan data akurat tentang volume bensin pada indikator bensin di panel instrumen.

BACA JUGA:Simak Langkah dan Cara Membersihkan Kerak Oli pada Mesin Mobil

5. Tangki sering kosong

Kebiasaan telat mengisi bahan bakar hingga kehabisan bensin juga dapat menyebabkan indikator bensin tidak akurat. Sebab tangki yang sering kosong dapat menimbulkan uap air sehingga dapat membuat dinding tangki berkarat seiring berjalannya waktu. 

6. Pelampung bensin bermasalah

Pelampung bahan bakar yang rusak juga bisa menjadi penyebab indikator bensin tidak naik. Pasalnya pelampung bahan bakar memiliki tugas untuk mengontrol dan mengetahui volume bahan bakar pada tangki bensin. 

Data volume bensin tersebut akan dikirimkan kepada jarum indikator bensin yang ada di bagian panel instrumen mobil. Cara untuk memastikan apakah pelampung tersebut rusak atau tidak dengan melepas soket kabel pada mobil dan menghubungkannya pada kabel yang ada di pelampung tangki bensin. 

Apabila setelah tersambung indikator mobil dapat berfungsi maka pelampung dalam kondisi bagus.

BACA JUGA:Penting Diketahui, Simak Komponen Sistem Kemudi yang Ada pada Mobil Beserta Fungsinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: