Penting Diketahui, Simak Komponen Sistem Kemudi yang Ada pada Mobil Beserta Fungsinya

Penting Diketahui, Simak Komponen Sistem Kemudi yang Ada pada Mobil Beserta Fungsinya

Kemudi menjadi titik sentral yang dikendalikan pengemudi lalu mentransfer gerakan ke roda melalui tiang kemudi.-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu bagian mobil yang memegang peranan sangat penting karena fungsi utamanya sebagai pengontrol arah pergerakan roda adalah sistem kemudi.  

Kemudi menjadi titik sentral yang dikendalikan pengemudi lalu mentransfer gerakan ke roda melalui tiang kemudi. Karena fungsinya yang sangat vital, Anda perlu menjaga dan merawat sistem kemudi agar selalu dalam kondisi prima.

Sistem kemudi mobil terdiri dari beberapa komponen penting dan masing-masing komponen saling berkaitan satu sama lain. Tak heran jika kemudi bisa mengarahkan roda agar berputar sesuai dengan instruksi yang diberikan pengemudi. 

Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah komponen-komponen yang ada di sistem kemudi mobil beserta fungsinya.

BACA JUGA:Sandang Gelar Motor Terkencang di Dunia, Begini Spesifikasi Kawasaki H2R

1. Steering Wheel

Steering wheel atau roda kemudi adalah bagian utama yang digunakan pengemudi untuk mengendalikan arah mobil. Steering wheel terletak di bagian dalam kendaraan dengan bentuk bulat yang ergonomis dan didukung oleh berbagai komponen lain di dalamnya. 

Fungsi utama dari roda kemudi atau steering wheel adalah untuk mengarahkan mobil saat sedang melaju. Roda kemudi sering dilengkapi dengan tombol tambahan seperti klakson yang fungsinya untuk memberi sinyal kepada pengguna jalan lain. 

Melalui steering wheel, Anda bisa melakukan manuver secara responsif dan akurat. Steering wheel juga menjadi pusat kontrol kendaraan. Oleh karena itu, bagian ini cukup vital karena sangat berpengaruh terhadap keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara.

BACA JUGA:Cek Spesifikasi Fitur Yamaha Fazzio, Skuter Keren Nyaman Dipakai Sehari-hari

2. Steering Linkage dan Dust Boot

Steering linkage berfungsi untuk mentransfer gerakan dari gearbox ke roda depan. Steering linkage ini terdiri dari rod dan arm. Sedangkan dust boot adalah bagian dari sistem kemudi mobil yang berfungsi sebagai penghalang kotoran.

Dust boot melindungi rack dari kerusakan akibat kotoran dan kelembaban. Tujuan pemasangan dust boot adalah melindungi komponen-komponen sistem kemudi dari lingkungan luar.

3. Steering Column

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: