Sering Sekali Disepelkan, Begini Dampak Buruk Kebiasaan Tidur Tengkurap bagi Kesehatan

Sering Sekali Disepelkan, Begini Dampak Buruk Kebiasaan Tidur Tengkurap bagi Kesehatan

Tidur tengkurap merupakan salah satu kebiasaan sepele yan bisa berdampak buruk untuk kesehatan.-Pinterest -

Kondisi ini bisa berdampak buruk pada cara berpikir seseorang, yang nantinya jadi cenderung lebih lambat.

4. Nyeri Dada

Posisi badan telungkup juga dapat membuat lubang hidung tertutup bantal, sehingga tidak terbuka secara bebas. Saluran pernapasan pun akan mendapatkan tekanan dan himpitan dari bobot tubuh yang tengkurap, sehingga menimbulkan terhambatnya sistem pernapasan dan dada terasa nyeri serta lebih berat sewaktu bangun tidur.

BACA JUGA:Kenali 5 Manfaat Kacang Kapri Untuk Kesehatan Tubuh

5. Sakit Bahu

Selain menyebabkan nyeri punggung, leher, dan dada, postur tidur telungkup juga dapat menyebabkan komplikasi tambahan seperti nyeri bahu atau lengan.

Ketika tidur dalam posisi tengkurap, kebanyakan orang secara alami akan mengangkat tangan atau bahkan menyelipkan tangan di bawah bantal.

Posisi tersebut bisa membuat terjadinya ketegangan pada sendi bahu. Hal ini bisa menimbulkan rasa nyeri di bahu atau gangguan lain pada bahu.

6. Muncul penuaan dini

Dampak buruk terakhir yang bisa kamu rasakan secara tidak langsung adalah munculnya tanda penuaan dini. Orang orang yang berusia 20 sampai 30 tahun yang mempunyai Kebiasaan tidur tengkurap setiap hari selam aberjam jam dapat membuat aliran darah sekitar wajah menjadi tidak lancar. 

Bagian wajah yang menghimpit bantal cenderung mengikuti gravitasi bumi dan kemiringan wajah yang tidak sinmetris yang tercipta selama berjam jam akan meninggalkan jejak berupa kerutan dan garis garis pada permukaan kulit wajah. 

BACA JUGA:Melindungi Sel Kulit dari Kerusakan, Simak 6 Manfaat Air Beras untuk Wajah

Kondisi ini jika terus menerus terjadi maka akan membuat wajah rentan muncul garis garis halus sekitar sudut mata, sudut bibir dan memicu penuaan dini.

Itulah dampak buruk jika Anda sering kali tidur dengan keadaan tengkurap. Nah, setelah mengetahui apa efek sering tidur tengkurap, ada baiknya untuk segera menghentikan kebiasaan tersebut. Alih-alih tidur telungkup, ada baiknya Anda memilih posisi tidur terlentang atau miring.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: