Kenali 5 Manfaat Kacang Kapri Untuk Kesehatan Tubuh

Kenali 5 Manfaat Kacang Kapri Untuk Kesehatan Tubuh

Kacang kapri (Pisum sativum L.) atau yang disebut juga kacang ercis adalah jenis kacang yang termasuk dalam keluarga polong-polongan-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Siapa yang tidak tahu kacang kapri, salah satu jenis kacang-kacangan yang sering disajikan bersampa sop kimlo ini ternyata memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Untuk sebagian orang, kacang kapri mungkin masih terdengar asing di telinga sebagian orang. Padahal, jenis kacang yang satu ini bermanfaat untuk mencegah diabetes dan penyakit jantung. 

Selain itu, kacang kapri juga memiliki manfaat lain sehingga dapat dikonsumsi dan diolah menjadi berbagai menu makanan sehari-hari. Lalu, apa saja manfaat lain yang bisa didapatkan dari mengonsumsi kacang kapri? Yuk, cari tahu jawabannya dengan menyimak ulasan berikut ini. 

Kacang kapri (Pisum sativum L.) atau yang disebut juga kacang ercis adalah jenis kacang yang termasuk dalam keluarga polong-polongan. Di Indonesia, kacang kapri banyak dibudidayakan di daerah dataran tinggi.

BACA JUGA:Cara Alami Menumpas Asam Urat dan Kolesterol, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

Sama seperti jenis kacang polong lainnya, kacang kapri juga memiliki beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan bila dikonsumsi secara rutin seperti karbohidrat, protein, serat, kalsium, kalium, fosfor, zat besi, dan zinc. 

Kacang kapri juga memiliki sejulah vitamin yaitu vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin C. Selain itu, kacang ini juga mengandung magnesium dan beberapa senyawa antioksidan, seperti flavonoid, asam fenolik, lutein, dan zeaxanthin.

Beragam nutrisi yang terkandung dalam kacang kapri membuat jenis kacang ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Adapun manfaat yang bisa Anda rasakan jika mengonsumsi kacang kapri secara rutin adalah sebagai berikut 

1. Mengurangi risiko terkena diabetes

Kapri mengandung serat yang cukup tinggi sehingga dapat mengatur kadar glukosa dan insulin dalam tubuh. Dengan mengonsumsi makanan yang tinggi serat, berarti tubuh memiliki lebih banyak kontrol atas kadar gula darah.

BACA JUGA:Suka Dikonsumsi Sebagai Minuman Herbal, Inilah 6 Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan

Jadi, risiko penyakit diabetes pun dapat diminimalkan. Bagi penderita diabetes pun, kacang berwarna hijau ini juga dapat dijadikan sebagai menu alternatif untuk mencegah lonjakan dan penurunan gula darah tiba-tiba.

Selain itu, kapri diperkaya dengan protein yang dapat mengatur tubuh dalam mencerna pati. Namun, konsumsi kacang kapri tidak dianjurkan untuk dijadikan sebagai satu-satunya cara mencegah diabetes. Anda juga perlu berolahraga secara rutin, mengonsumsi makanan bergizi, serta menghindari kebiasaan merokok.  

2. Mencegah penyakit jantung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: