Melindungi Sel Kulit dari Kerusakan, Simak 6 Manfaat Air Beras untuk Wajah

Melindungi Sel Kulit dari Kerusakan, Simak 6 Manfaat Air Beras untuk Wajah

Air beras merupakan cairan yang tersisa setelah merebus atau merendam beras-Pinterest -

BENGKULUESKPRESS.COM - Ada beberapa bahan alami bisa menjadi pilihan alternatif untuk merawat kulit wajah agar tetap sehat salah satunya adalah air beras. Oleh karena itu, belakangan ini sejumlah merek kecantikan ternama bahkan menawarkan manfaat air beras untuk wajah dalam produknya.

Air beras merupakan cairan yang tersisa setelah merebus atau merendam beras. Cairan pada sisa rendaman Air beras mengandung 75 – 80% zat tepung, vitamin B dan E, mineral, serta berbagai antioksidan yang terdapat pada beras.

Air sisa rebusan beras berbeda dengan air bekas mencuci beras. Anda bisa memakai keduanya, tapi manfaat air cucian beras tidaklah sama dengan air rebusan beras yang cenderung lebih beragam.

Memang belum ada banyak penelitian mengenai manfaat air beras untuk kulit wajah dan tubuh. Akan tetapi, berikut beberapa potensi yang telah ditemukan.

BACA JUGA:Ini Dia Manfaat Hati Ayam untuk Bayi yang Tidak Boleh Diabaikan

1. Melindungi sel kulit dari kerusakan

Air beras memiliki manfaat melindungi sel kulit dari kerusakan. Air beras kaya akan antioksidan, khususnya inositol. Senyawa ini mampu melindungi sel kulit Anda dengan cara menangkal radikal bebas. 

Manfaat ini dibuktikan oleh beberapa peneliti di Portugal pada 2018. Usai memberikan gel air beras pada kulit peserta selama 28 hari, mereka menemukan bahwa air beras memiliki aktivitas antioksidan yang sama kuatnya seperti vitamin C.

2. Mengurangi iritasi kulit

Manfaat selanjutnya dari air beras adalah memiliki manfaat untuk kulit tubuh. Berendam dalam air beras selama 15 menit per hari dapat membantu proses pemulihan kulit dan mencegah iritasi kulit. 

Meski bermanfaat, perlu diingat bahwa ini merupakan hasil penelitian lama yang belum dikaji lebih lanjut.

BACA JUGA:Ini Dia Pilihan Shampoo Pemanjang Rambut Terbaik

3. Mengurangi keriput

Kandungan antioksidan pada air beras tidak hanya berguna untuk menangkal radikal bebas. Bagi Anda yang berusia paruh baya, antioksidan juga membantu menyamarkan keriput yang sudah ada dan mencegah munculnya keriput baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: