Sering Sekali Disepelkan, Begini Dampak Buruk Kebiasaan Tidur Tengkurap bagi Kesehatan

Sering Sekali Disepelkan, Begini Dampak Buruk Kebiasaan Tidur Tengkurap bagi Kesehatan

Tidur tengkurap merupakan salah satu kebiasaan sepele yan bisa berdampak buruk untuk kesehatan.-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tidur tengkurap merupakan salah satu kebiasaan sepele yan bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Posisi Tidur tengkurap dianggap banyak masyarakat sebagai posisi paling nyaman dan dapat mempermudah seseorang Tidur dengan nyenyak. 

Bahkan posisi tengkurap bukan hanya dilakukan oleh pria dan wanita yang berusia produktif saja melainkan para orangtua yang berusia diatas 50 tahunp un menggunakan cara tengkurap sebagai cara mereka beristirahat sehari hari.

Tidur tengkurap yang tidak dilakukan setiap hari masih bisa ditoleransi sebagai reaksi biasa dari jaringan tubuh karena kelelahan. Namun, jika sering melakukan tidur dengan posisi tengkurap, sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut. 

Pasalnya, tidur dengan posisi tengkurap bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Berikut bahaya tidur tengkurap yang perlu kamu waspadai:

BACA JUGA:Selain Mengurangi Karbohidrat, dr Zaidul Akbar Bagikan Cara Mengatasi Perut Buncit

1. Nyeri leher

Seseorang yang tidur tengkurap dalam keadaan nyenyak sering tidak mengubah posisi tidurnya pada gaya yang lain, Hal ini menyebabkan kepala yang miring pada satu sisi saja menimbulkan ketegangan pada saraf saraf seputar leher bagian belakang. 

Penggunaan bantal yang salapun akan memperburuk Leher bagian belakang menjadi semakin sakit ketika terbangun dipagi harinya dan akan mengeluarkan dertakan tulang ketika leher diputar kesisi kanan dan kiri.

2. Tekanan di Tulang Belakang

Dikutip dari Cleveland Clinic, tidur tengkurap bisa memberikan tekanan ekstra pada punggung. Saat tidur selama tujuh atau delapan jam, ini tentunya bisa memperparah ketegangan yang dialami.

Sama halnya dengan yang disampaikan dr. Atika. Menurutnya, ketika tidur dengan posisi perut di bawah, beban akan menarik perut ke arah bawah, sehingga tulang belakang akan melengkung ke arah depan.

BACA JUGA:Ketahui 6 Buah yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Jantung

3. Menghambat Sistem Pernafasan 

Tidur dengan posisi tengkurap dapat mengganggu aliran darah ke pusat saraf otak. Ketika aliran darah menuju saraf pusat tersumbat, ini bisa menyebabkan rusaknya pusat saraf bagian kepala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: