Daftar Makanan Ini Kaya Mengandung Vitamin untuk Otak

Daftar Makanan Ini Kaya Mengandung Vitamin untuk Otak

Kacang-kacangan mengandung lemak baik, protein, vitamin E dan antioksidan.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Beberapa jenis makanan diketahui mengandung vitamin otak. Vitamin ini dapat menjaga kesehatan dan meningkatkan kemampuan otak. Mencukupi asupan nutrisi untuk otak ini merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan otak yang tidak boleh Anda lewatkan.

Tubuh manusia mengalami penuaan seiring pertambahan usia. Salah satu efek penuaan yang dapat terjadi adalah penurunan fungsi otak dan kemampuan daya ingat. Untuk memperlambat proses penuaan dan menjaga fungsi otak, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan dan vitamin untuk otak.

BACA JUGA:Begini Cara Mencuci Buah dan Sayur yang Benar agar Terhindar dari Penyakit

Jenis Vitamin yang Tepat untuk Otak
Ada tiga nutrisi penting yang sering disebut-sebut sebagai komponen utama vitamin untuk otak, yaitu:

Vitamin B kompleks

Vitamin B sangat bermanfaat dalam menunjang kesehatan sistem saraf dan fungsi otak. Vitamin B dibutuhkan untuk menghasilkan zat kimia pada otak (neurotransmitter) yang berperan sebagai penghantar sinyal pada saraf, serta membantu tubuh menggunakan energi.

Sumber vitamin B hewani banyak terdapat pada daging hewan, seperti ayam, sapi,ikan,dan telur. Sedangkan sumber nabati dapat ditemukan di dalam kacang-kacangan, gandum, sayuran dan buah-buahan termasuk sayuran berdaun hijau, pepaya, dan jeruk. Selain itu, beberapa produk makanan, seperti sereal yang telah difortifikasi vitamin B, dan berbagai produk olahan susu juga bisa dikonsumsi sebagai asupan vitamin B Anda.

BACA JUGA:Inilah 6 Manfaat Madu Manuka yang Wajib Dicoba

Vitamin C

Vitamin C dikenal sebagai antioksidan yang baikk yang juga memiliki manfaat kesehatan bagi otak. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang rutin mengonsumsi vitamin C memiliki kemampuan kognitif dan daya ingat yang lebih baik dibandingkan mereka yang kekurangan vitamin C. Rekomendasi asupan vitamin C harian untuk orang dewasa adalah sekitar 90 mg per hari. Vitamin C ini dapat diperoleh dari berbagai jenis sayur dan buah, seperti jeruk, brokoli, kol, stroberi, melon, dan tomat.

Vitamin E

Penelitian menemukan bahwa vitamin E dalam dosis tertentu dapat membantu memelihara kesehatan otak, menjaga daya ingat dan kemampuan berpikir pada lansia, serta meringankan gejala penyakit Alzheimer, serta mengurangi risiko penyakit parkinson dan stroke.

BACA JUGA:Ini Dia Jenis Makanan Penyebab Gagal Ginjal yang Perlu Dibatasi

Jumlah asupan vitamin E yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah sekitar 20 IU per hari. Takaran ini sebaiknya tidak melebihi dosis rekomendasi tersebut, karena mengonsumsi vitamin E dosis tinggi (lebih dari 1000 IU per hari) berpotensi menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: