Jarang Diketahui! Ikan Gabus Sangat Baik untuk Mempercepat Penyembuhan Luka

Jarang Diketahui! Ikan Gabus Sangat Baik untuk Mempercepat Penyembuhan Luka

lebih dianjurkan untuk mengolah ikan gabus segar dengan cara dikukus atau direbus dibandingkan digoreng, khususnya untuk penderita kolesterol tinggi dan penyakit jantung.--

BACA JUGA:Minuman Ini Ampuh Lawan Sel Kanker, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

6. Mempercepat proses penyembuhan luka
Ikan gabus mengandung albumin yang tinggi, sehingga konsumsinya bisa membantu proses penyembuhan luka, baik luka pascaoperasi maupun luka bakar. Namun, bukan berarti Anda bisa mengandalkan penyembuhan luka hanya dengan mengonsumsi ikan gabus saja. Perawatan luka yang baik juga perlu dilakukan agar luka dapat segera sembuh. Perawatan setiap luka bisa berbeda tergantung pada besar atau tingkat keparahan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan luka karena dapat memengaruhi proses penyembuhan.

7. Mengurangi nyeri sendi
Meski perlu diteliti lebih lanjut, penelitian menunjukkan bahwa ekstrak ikan gabus dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi osteoarthritis. Ini karena dalam ikan gabus terkandung asam lemak omega 3, seperti DHA dan EPA. Kedua jenis asam lemak omega 3 ini diketahui bisa meredakan peradangan, sehingga mampu mengurangi pembengkakan dan nyeri sendi yang dialami penderita osteoarthritis.

BACA JUGA:Cukup Dengan Mengamalkan Amalan Ini, Ustaz Adi Hidayat: Kita Tercatat Sebagai Ahli Surga

8. Mencegah penyakit jantung
Untuk meminimalkan risiko terkena penyakit jantung, Anda perlu mengonsumsi makanan tinggi kandungan antioksidan, seperti ikan gabus. Ini karena ada banyak manfaat antioksidan untuk kesehatan jantung, mulai dari menangkal radikal bebas, mencegah penyumbatan di pembuluh darah, mengontrol tekanan darah, hingga menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Manfaat ikan gabus ada beragam, tetapi Anda dianjurkan untuk membatasi konsumsinya karena memiliki kandungan merkuri yang cukup tinggi. Selain itu, sebaiknya konsumsi olahan ikan gabus yang berasal dari ikan segar, bukan yang sudah dikeringkan atau diasinkan.

Ini karena kandungan nutrisi ikan gabus yang sudah dikeringkan telah mengalami penyusutan. Misalnya, kandungan vitamin A dalam ikan gabus yang dikeringkan sudah berkurang cukup drastis, bahkan kandungan kaliumnya juga hilang.

BACA JUGA:Pelajar Kaur Tewas Tenggelam di Muara Padang Guci

Selain itu, Anda juga lebih dianjurkan untuk mengolah ikan gabus segar dengan cara dikukus atau direbus dibandingkan digoreng, khususnya untuk penderita kolesterol tinggi dan penyakit jantung. Anda pun dianjurkan untuk mengimbangi konsumsi ikan gabus dengan konsumsi makanan sehat lainnya agar asupan nutrisi yang masuk ke tubuh lebih bervariasi.(**)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: