Kurban 1 Ekor Kambing Bisa untuk Sekeluarga, Ini Kriteria Kambingnya!

Kurban 1 Ekor Kambing Bisa untuk Sekeluarga, Ini Kriteria Kambingnya!

Kurban 1 Ekor Kambing Bisa untuk Sekeluarga-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Idul Adha sudah semakin dekat. Banyak umat muslim yang sudah menyiapkan hewan kurban terbaiknya. 

Tapi bagi yang terbatas secara finansial biasanya kurban secara patungan. Bolehkah kurban 1 ekor kambing untuk sekeluarga?

Hewan kurban ada banyak jenisnya, mulai dari unta, sapi, kambing atau domba. Di Indonesia, hewan kurban paling populer adalah sapi dan kambing atau domba.

Sapi kerap menjadi pilihan umat muslim yang memiliki kecukupan uang, mengingat harga sapi yang mencapai belasan bahkan puluhan juta rupiah. 

BACA JUGA:Miliki Gudang Logistik, Dinsos Pasok Persediaan Darurat Bencana

Banyak juga yang kemudian memilih kurban berupa kambing yang harganya lebih terjangkau. Kurban seekor sapi bisa dilakukan secara patungan, namun tidak dengan kurban kambing.

Meskipun demikian, kurban seekor kambing bisa dilakukan atas nama satu keluarga.

Menurut Ustadz Adi Hidayat (UAH), satu ekor kambing bisa mewakili satu keluarga yang terdiri dari suami, istri, dan anak-anak.

UAH menjelaskan bahwa ada perkembangan pendapat di masyarakat yang menyatakan satu ekor kambing hanya untuk satu orang saja, namun menurutnya, pendapat ini keliru.

BACA JUGA:Melihat Koleksi Barang Antik Abad ke-17 di Bengkulu, di Sini Lokasinya

UAH menekankan bahwa Islam adalah agama yang memudahkan umatnya dalam beribadah. Oleh karena itu, dalam praktik ibadah kurban, tidak perlu setiap anggota keluarga berkurban satu ekor kambing.

"Cukup satu ekor kambing, maka pahalanya untuk semua anggota keluarga," kata UAH. 

UAH juga menambahkan, jika seseorang memiliki rezeki berlebih dan mampu membeli satu ekor sapi, hal itu pun diperbolehkan untuk satu keluarga besar.

"Sehingga tidak perlu beranggapan bahwa satu ekor sapi hanya untuk tujuh orang. Tidak demikian. Pahalanya adalah untuk seluruh anggota keluarga," ujar UAH,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: