Sayang Untuk Dilewatkan, Inilah 6 Manfaat Kaldu Jamur

Sayang Untuk Dilewatkan, Inilah 6 Manfaat Kaldu Jamur

Kaldu jamur atau nutritional yeast adalah produk penyedap makanan berbentuk bubuk dengan bulir kasar.-Pinterest -

Mengonsumsi nutritional yeast juga bermanfaat dalam memberikan pertahanan tubuh terhadap meningkatkan risiko penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Beta-glukan yang terdapat dalam kaldu ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol. Ini telah terbukti melalui sebuah penelitian. Pria penderita kolesterol tinggi yang mengonsumsi 15 gram beta-glukan yang berasal dari jamur Saccharomyces cerevisiae setiap hari selama delapan minggu. 

Hasilnya telah menurunkan kadar kolesterol total sebesar 6%. Tidak hanya pada jamur saccharomyces cerevisiae, beta-glukan ternyata juga terdapat dalam bahan makanan lain seperti gandum dan rumput laut.

BACA JUGA:Jarang Dikonsumsi, Ternyata Ini Manfaat Daun Pepaya Jepang untuk Kesehatan

6. Membantu mengelola diabetes

Nutritional yeast juga termasuk salah satu jenis makanan dengan indeks glikemik (IG) rendah sehingga dapat membantu penderita diabetes mengelola kondisinya.

Selain itu bahan pangan ini juga mengandung kromium. Mineral ini dapat membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes.

Manfaat kaldu jamur juga memastikan tubuh Anda mendapatkan asupan kalium yang cukup. Pasalnya, kadar kalium rendah erat kaitannya dengan kadar glukosa tinggi dalam tubuh.

Itulah manfaat dari kaldu jamur untuk kesehatan tubuh. Sama seperti bahan penyedap masakan lainnya, Anda perlu menyimpan kaldu jamur dalam wadah yang tertutup rapat dan jauhkan dari paparan sinar matahari langsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: