Sayang Untuk Dilewatkan, Inilah 6 Manfaat Kaldu Jamur

Sayang Untuk Dilewatkan, Inilah 6 Manfaat Kaldu Jamur

Kaldu jamur atau nutritional yeast adalah produk penyedap makanan berbentuk bubuk dengan bulir kasar.-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sebagian orang mungkin masih asing dengan kaldu jamur. Kaldu jamur atau nutritional yeast adalah produk penyedap makanan berbentuk bubuk dengan bulir kasar. 

Kaldu jamur dipercaya lebih sehat dibandingkan MSG karena kandungan alaminya. Dikenal karena kandungan nutrisinya yang beragam, hal inilah yang membuat bumbu masakan  ini memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh yang sayang untuk dilewatkan.

Untuk mengetahui apa saja manfaat dari kalu jamur, yuk simak berbagai manfaat yang bisa Anda peroleh dengan menggunakan kaldu jamur di ulasan ini.

Kaldu jamur adalah bentuk ekstrak ragi dari jamur Saccharomyces cerevisiae. Jamur ini ditanam selama beberapa hari pada media kaya gula, contohnya dalam tetesan tebu. 

Untuk menghasilkan ekstrak ragi, jamur tersebut lalu dipanaskan, dicuci, dikeringkan, dihancurkan, dan dikemas menjadi penyedap jamur atau kaldu jamur. 

BACA JUGA:Bumbu Dapur Ini Ternyata Obat Kuat Herbal dan Penambah Stamina Pria, Berikut Penjelasan dr Zaidul Akbar

Vegan atau vegetarian sering menggunakan kaldu jamur sebagai penyedap makanan karena diyakini lebih sehat dari MSG.

Penggunaan kaldu jamur biasanya 1–2 sendok makan per hari. Bubuk kaldu ini banyak digunakan sebagai penyedap masakan atau taburan, seperti untuk popcorn dan pasta. Berikut ini adalah beberapa manfaat kaldu jamur untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kaldu jamur mengandung alfa-mannan dan beta-glukan, yang menurut penelitian dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Serat beta-glukan yang terdapat dalam nutritional yeast membantu meningkatkan sistem pertahanan tubuh terhadap risiko infeksi virus dan bakteri.

Sebuah studi dalam jurnal Food and Nutrition Sciences menunjukkan manfaat kaldu jamur yang bisa menurunkan risiko kekambuhan dan gejala dari flu yang berkurang hingga 25 persen.

Hal ini bisa ditemukan pada individu yang mengonsumsi setidaknya setengah hingga satu sendok makan nutritional yeast dalam sehari. 

BACA JUGA:Jarang Dikonsumsi, Ternyata Ini Manfaat Daun Pepaya Jepang untuk Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: