Sayang Untuk Dilewatkan, Inilah 6 Manfaat Kaldu Jamur

Sayang Untuk Dilewatkan, Inilah 6 Manfaat Kaldu Jamur

Kaldu jamur atau nutritional yeast adalah produk penyedap makanan berbentuk bubuk dengan bulir kasar.-Pinterest -

2. Membantu perkembangan dan pemulihan otot

Dalam 1 sendok makan kaldu jamur mengandung sekitar 2 gram protein. Hal ini tentu dapat memenuhi sekitar 8 persen kebutuhan protein harian Anda.

Selain itu, kaldu jamur juga mengandung 9 jenis asam amino esensial. Tubuh Anda umumnya membutuhkan nutrisi ini dari asupan makanan sehari-hari.

Kedua nutrisi penting dari kaldu jamur bermanfaat dalam perkembangan dan pemulihan otot, terutama bagi Anda yang mengimbanginya dengan olahraga rutin.

Terlebih, manfaat kaldu jamur ini juga bisa membantu para vegan atau vegetarian untuk memenuhi kebutuhan protein dan asam amino dengan mudah.

BACA JUGA:Manfaat Seledri untuk Kesehatan, Dapat Turunkan Tekanan Darah Hingga Cegah Risiko Kanker

3. Mencegah kekurangan vitamin B12

Vegan dan vegetarian yang tidak mengonsumsi produk hewani yang menjadi sumber alami vitamin B12 lebih rentan mengalami defisiensi atau kekurangan vitamin B12.

Tubuh Anda membutuhkan asupan jenis vitamin ini untuk menjaga sistem saraf, produksi DNA, metabolisme energi, dan pembentukan sel darah merah. 

Sebuah studi dalam jurnal Nutrition Reviews menyebutkan nutritional yeast yang diperkaya dengan vitamin B12 mampu memenuhi kebutuhan bagi vegetarian.

Setidaknya dalam 1 sendok makan kaldu jamur mengandung sekitar 33,8 mikrogram vitamin B12. Kandungan ini memenuhi lebih dari 8 kali kebutuhan harian.

BACA JUGA:Jarang Dikonsumsi, Ternyata Ini Manfaat Daun Pepaya Jepang untuk Kesehatan

4. Melawan radikal bebas

Paparan radikal bebas berpotensi menimbulkan kerusakan sel tubuh. Antioksidan dapat membantu melawan kerusakan ini dengan mengikat radikal bebas.

Kaldu jamur merupakan salah satu makanan tinggi antioksidan kuat, seperti glutathione dan selenomethionine, yang mencegah kerusakan dan membantu tubuh menghilangkan racun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: