Terhindar dari Berbagai Penyakit, Berikut 7 Manfaat Manfaat Berhenti Merokok

Terhindar dari Berbagai Penyakit, Berikut 7 Manfaat Manfaat Berhenti Merokok

Berhenti merokok memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kualitas hidup secara keseluruhan-Pinterest -

Menariknya lagi, meyakinkan diri untuk berhenti merokok berarti membuat Anda terhindar dari kecanduan yang merugikan. Rasa candu merokok terjadi saat Anda memiliki keinginan yang intens meski sudah mengetahui konsekuensinya.

Ketika Anda memutuskan untuk berhenti merokok, fungsi tubuh akan kembali normal. Ini termasuk otak yang mengatur rasa ketagihan Anda terhadap rokok.

Setelah satu bulan berhenti merokok, reseptor nikotin yang ada di otak berangsung normal kembali. Anda pun tidak akan merasa ketergantungan lagi dengan nikotin dalam rokok.

4. Penurunan risiko penyakit jantung

Berhenti merokok adalah langkah yang sangat efektif dalam menurunkan risiko penyakit jantung. Merokok adalah salah satu faktor risiko utama penyakit jantung koroner, dan berhenti merokok dapat memberikan manfaat langsung bagi kesehatan jantungmu.

BACA JUGA:Dianggap Jorok! Ternyata Cacing Tanah Punya Manfaat untuk Lingkungan dan Kesehatan

Merokok dapat merusak dinding pembuluh darahmu dan menyebabkan penumpukan plak aterosklerotik, yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. 

Dengan berhenti merokok, proses ini berkurang dan tekanan darahmu akan kembali normal, serta risiko pembentukan plak di arteri akan berkurang.

5. Penurunan risiko kanker lainnya:

Berhenti merokok adalah langkah paling efektif dalam menurunkan risiko kanker paru-paru. Merokok adalah penyebab utama kanker paru-paru, dan sebagian besar kasus kanker paru-paru terkait dengan kebiasaan merokok.

Setelah berhenti merokok, risiko kanker paru-paru secara signifikan berkurang, meskipun risiko tidak akan mencapai nol. Merokok juga meningkatkan risiko kanker di daerah mulut, tenggorokan, dan esofagus. Berhenti merokok dapat membantu mengurangi risiko untuk jenis-jenis kanker ini.

BACA JUGA: Brand Lokal! Terbaik! Berikut 10 Parfum Rambut yang Wangi Tahan Lama

6. Membersihkan gigi dan mulut

Bukan rahasia lagi bahwa merokok ternyata mampu meningkatkan risiko masalah gigi dan mulut serta komplikasi setelah operasi mulut. Perokok juga memiliki daya tahan tubuh yang lebih rendah dalam melawan infeksi pada gigi dan mulut sehingga mengganggu proses penyembuhan.

Oleh karena itu, jika Anda ingin memiliki gigi yang lebih bersih dan sehat, segera hentikan kebiasaan merokok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: