Sering Diabaikan Kaum Pria, Berikut Dampak Langsung Merokok Saat Berbuka

Sering Diabaikan Kaum Pria, Berikut Dampak Langsung Merokok Saat Berbuka

Umum dilakukan oleh kaum laki-laki setelah lebih dari belasan jam berhasil menahan haus dan lapar biasanya akan berbuka dengan merokok-freepik.com -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Umum dilakukan oleh kaum laki-laki setelah lebih dari belasan jam berhasil menahan haus dan lapar biasanya akan berbuka dengan merokok. 

Namun, alangkah baiknya saat berbuka puasa tidak merokok, karena pada dasarnya anjuran berbuka puasa adalah dengan yang manis seperti kurma serta makanan yang sehat dan bergizi bukan rokok

Tapi, bagi perokok aktif, tidak merokok barang sehari saja pasti akan membuat tubuh tidak nyaman. Laiknya obat-obatan, merokok juga ternyata bisa membuat orang menjadi kecanduan. 

Para perokok mau tidak mau harus menahan godaan untuk menyulut sebatang rokok saat sedang berpuasa. Namun, mereka akan langsung merokok begitu waktu berbuka puasa tiba. 

Padahal, aktivitas ini sangat berbahaya bagi tubuh. Apakah kamu termasuk perokok aktif yang juga langsung merokok ketika berbuka? Jika iya, berikut ini dampak yang akan ditimbulkan jika langsung meroko saat berbuka yang dikutip dari laman halodoc.com.

BACA JUGA:Agar Tetap Aman Menyantap Makanan Saat Lebaran, dr Zaidul Akbar Bagikan Resep Herbal untuk Atasi Kolesterol

  • Mual dan Muntah

Saat berbuka, kamu tentu membutuhkan asupan gula dan nutrisi untuk menggantikan energi yang hilang selama berpuasa. 

Jika kamu langsung merokok tanpa mengisi perut terlebih dahulu, kamu akan merasa mual dan ingin muntah.

Hal ini disebabkan karena gas karbon monoksida yang berasal dari rokok akan masuk ke dalam tubuh melalui pembuluh darah yang mengakibatkan berkurangnya suplai oksigen dalam tubuh. Inilah yang memicu munculnya rasa mual dan muntah.

  • Serangan Jantung

Dampak langsung merokok ketika berbuka selanjutnya yang akan timbul adalah risiko serangan jantung. 

Sama halnya dengan rasa mual dan muntah, zat beracun yang masuk ke dalam tubuh saat perut sedang kosong juga akan memicu terjadinya kontraksi kardiovaskular.

Seorang pakar kesehatan asal Malaysia, dr. Zul Hilmi Yaakob Bach, Med. Sci. menuturkan bahwa pembuluh darah akan mengalami kontraksi ketika merokok tanpa mengisi perut terlebih dahulu. 

Hal tersebut akan menghambat laju transfer oksigen ke seluruh tubuh, sehingga meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung.

BACA JUGA:Biar Tahu! Ini Manfaat dan Aturan Pakai Biomega

  • Meningkatkan Risiko Kanker Paru-Paru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: