Melindungi Tubuh dari Berbagai Penyakit, Inilah 6 Manfaat Terong Untuk Kesehatan

Melindungi Tubuh dari Berbagai Penyakit, Inilah 6 Manfaat Terong Untuk Kesehatan

Terong mengandung sejumlah nutrisi yang dipercaya dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit-Pinterest -

3. Memelihara kesehatan tulang

Kandungan mangan yang tinggi dalam terong juga baik untuk memelihara kesehatan tulang. Hal ini karena mangan dapat membantu proses pembentukan tulang dan meningkatkan kepadatan tulang. Dengan begitu, risiko Anda mengalami osteoporosis pun menjadi lebih rendah.

4. Menekan risiko penyakit jantung

Tidak banyak yang tahu ternyata kulit terong yang berwarna ungu mengandung zat antioksidan bernama nasunin. Salah satu manfaat dari senyawa antioksidan ini adalah menekan risiko penyakit jantung.

Selain itu, sebuah studi mengungkapkan bahwa antioksidan dalam terong juga memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Dengan begitu, risiko terkena gangguan jantung pun akan lebih rendah.

BACA JUGA:Sering Dijadikan Lalapan, 5 Manfaat Daun Sintrong Untuk Kesehatan

5. Mencegah penyakit kanker

Mengonsumsi terong juga bisa mencegah penyakit kanker, sebab terong mengandung beberapa antioksidan untuk melawan sel kanker, misalnya asam klorogenat.

Tidak hanya mampu mencegah penyakit kanker, asam klorogenat dalam terong juga diketahui memiliki efek antibakteri dan antivirus.

6. Mencegah penyakit diabetes

Terong juga mengandung banyak serat dan polifenol yang mampu menurunkan kadar gula darah. Di samping itu, terong juga dapat mengurangi penyerapan gula dan meningkatkan kadar hormon insulin dalam darah sehingga dapat mencegah penyakit diabetes.

Nah, itulah manfaat terong untuk kesehatan. Tak ribet untuk mengolah sayuran ini menjadi beragam makanan yang lezat, sehat, dan menyenyangkan. Ada banyak cara memasak yang bisa dipilih untuk memperoleh nutrisi terong secara maksimal, misalnya dengan cara dipanggang, ditumis, atau dikukus. 

BACA JUGA:Jangan Sia-Siakan! Daun Pandan Punya Manfaat bagi Kesehatan

Bila Anda ingin rutin mengonsumsi terong dan masih ragu bagaimana cara mengolahnya agar nutrisi dan manfaat terong bisa diperoleh secara optimal. Semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: