Sayang Untuk Dilewatkan, Inilah 5 Manfaat Kecipir untuk Kesehatan

 Sayang Untuk Dilewatkan, Inilah 5 Manfaat Kecipir untuk Kesehatan

Kecipir memiliki nama latin Psophocarpus tetragonolobus, banyak ditemukan di wilayah beriklim tropis, seperti Indonesia, Thailand, dan Myanmar.-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Meski sebagian orang masig asing jika mengonsumsi sayur yang satu ini, nyatanya kecipir merupakan salah satu sayur sehat yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Kecipir memiliki nama latin Psophocarpus tetragonolobus, banyak ditemukan di wilayah beriklim tropis, seperti Indonesia, Thailand, dan Myanmar. Masyarakat di daerah tersebut telah biasa memanfaatkan kecipir sebagai bahan pangan, tanpa mengetahui kandungan nutrisi di dalamnya yang baik untuk tubuh.

Manfaat kecipir untuk kesehatan diperoleh dari kandungan karbohidrat, protein, serat, dan berbagai nutrisi lain di dalamnya seperti mengandung folat, vitamin A, vitamin E, dan antioksidan, seperti, tanin, niasin, thiamin, serta riboflavin.

Berkat kandungan nutrisi yang beragam, kecipir dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat kecipir untuk tubuh:

BACA JUGA:Ingin Wajah Glowing Tanpa Flek Hitam, dr Zaidul Akbar Bagikan Resep Menggunakan 2 Bahan Ini

1. Menurunkan berat badan

Tidak banyak yang mengetahui jika buah kecipir kaya akan kandungan serat, tetapi rendah akan kalori. Nah, kandungan serat dalam kecipir dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Jika ditambah dengan kandungan kalorinya yang kecil, manfaat kecipir yang bisa diperoleh adalah mengurangi konsumsi makanan berlebihan. Hal tersebut tentu saja akan membantu proses penurunan berat badan.

2. Meredakan sembelit

Mengandung banyak serat yang baik untuk kesehatan, kecipir bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit. Memenuhi kebutuhan tubuh akan serat sekitar 20-30 gram setiap hari dapat menjaga proses pencernaan makanan di dalam usus tetap lancar.

Selain itu, serat juga membuat konsistensi tinja lunak, sehingga lebih mudah dikeluarkan melalui anus. Tak heran sebagian orang mengonsumsi kecipir untuk mengatasi sembelit yang sdang dialami. 

BACA JUGA:Terkenal Sebagai Obat Herba Tradisional, Inilah 5 Manfaat Ginseng untuk Kesehatan

3. Mengobati pilek

Benarkah kecipir dapat meredakan pilek? Nah, salah satu manfaat kecipir lainnya adalah meredakan dan mengobati pilek. Dibandingkan dengan jenis sayuran lainnya kecipir mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: