Sayang Untuk Dilewatkan, Inilah 5 Manfaat Kecipir untuk Kesehatan

 Sayang Untuk Dilewatkan, Inilah 5 Manfaat Kecipir untuk Kesehatan

Kecipir memiliki nama latin Psophocarpus tetragonolobus, banyak ditemukan di wilayah beriklim tropis, seperti Indonesia, Thailand, dan Myanmar.-Pinterest -

Kandungan ini berperan penting dalam melawan infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat meredakan gejala pilek. Oleh karena itu, jika Anda sedang mengalami pilek, mengonsumsi kecipir bisa jadi solusi pilihan untuk menyembuhkan pilek yang sedang Anda alami. 

4. Mencegah keriput

Seperti yang disebutkan sebelumnya jika kecipir mengandung kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah keriput. Kandungan antioksidan tersebut ternyata dapat menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan kolagen.

Mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti kecipir dapat membantu mempertahankan kadar kolagen di kulit, sehingga mencegah munculnya keriput dan berbagai tanda penuaan lain.

BACA JUGA:Sering Dijadikan Lalapan, 5 Manfaat Daun Sintrong Untuk Kesehatan

5. Mencegah gigi berlubang

Jarang sekali diketahui, jika kecirpir dapat mencegah gigi berlubang. Manfaat ini didapat berkat kandungan asam fitat yang mampu menjaga kepadatan gigi.

Rutin mengonsumsi kecipir akan melindungi gigi dari demineralisasi. Demineralisasi sendiri merupakan proses kehilangan mineral gigi yang terjadi ketika makan, minum, atau terpapar bakteri mulut penyebab gigi berlubang.

Nah, bagaimana apakah kamu ingin mengonsumsi kecipir secara rutin untuk mendapatkan maksimal dari jenis sayuran yang satu ini? Berbagai manfaat kecipir bisa didapatkan dengan mengonsumsinya sebagal lalapan atau diolah menjadi menu masakan lain. 

Meskipun manfaat kecipir ada banyak, konsumsi tanaman tetap harus dimbangi dengan makanan lainnya untuk memastikan kebutuhan nutrisi harian Anda terpenuhi. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: