Sering Dijadikan Lalapan, 5 Manfaat Daun Sintrong Untuk Kesehatan

Sering Dijadikan Lalapan, 5 Manfaat Daun Sintrong Untuk Kesehatan

Daun sintrong merupakan salah satu tanaman yang dikenal di negara-negara Asia dan Afrika, termasuk Indonesia.-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Mengandung berbagai senyawa antioksidan, sperti falvonoid, saponin, tanin, glikosida, dan steroid daun sintrong dikenal dengan sejumlah manfaat untuk kesehatan. 

Daun sintrong merupakan salah satu tanaman yang dikenal di negara-negara Asia dan Afrika, termasuk Indonesia. Daun ini biasanya dikonsumsi sebagai lalapan pelengkap makanan khas Jawa Barat. 

Tanaman sintrong memiliki batang tebal dan daun berselang-seling dengan bunga berwarna kemerahan. Anda juga akan menjumpai buah berwarna coklat tua di dekat daun ini. 

Setelah mengenali apa saja kandungan yang ada pada daun sintrong yang sering dijumpai di Papua Nugini ini, kamu perlu mengetahui manfaat saun yang satu ini untuk kesehatannya. Berikut manfaat daun sintrong untuk kesehatan. 

BACA JUGA:Agar Stroke, Kencing Manis dan Tekanan Darah Tinggi Cepat Sembuh, dr Zaidul Akbar Sarankan Minum Ini

1. Meredakan sakit kepala

Salah satu manfaat daun sintrong yang cukcup populer adalah dapat dimanfaatkan untuk meredakan sakit kepala. Kandungan flavonoid di dalam tumbuhan ini berperan aktif sebagai antioksidan yang berpotensi mencegah migrain.

Antioksidan membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif dengan menghambat reaksi kimia yang merusak sel-sel tubuh. Reaksi kimia ini bisa memengaruhi sel-sel saraf di otak sehingga menyebabkan migrain.

2. Mengobati gangguan pencernaan

Selanjutnya manfaat daun sintrong yang telah lama digunakan adalah mengobati gangguan pencernaan dan meredakan sakit perut.

Daun ini mengandung senyawa aktif, seperti flavonoid dan serat. Flavonoid memiliki sifat antiradang yang dapat membantu meredakan peradangan pada saluran pencernaan.

Daun yang dikenal juga sebagai bayam Okinawa ini juga kaya akan serat. Asupan serat bisa membantu mengatasi sembelit.  

BACA JUGA:Ampuh Atasi Penyakit Gerd dalam Sekejap, dr Zaidul Akbar Sarankan Rutin Minum Herbal Ini

3. Mengobati diare

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: