Terkenal Sebagai Obat Herba Tradisional, Inilah 5 Manfaat Ginseng untuk Kesehatan

Terkenal Sebagai Obat Herba Tradisional, Inilah 5 Manfaat Ginseng untuk Kesehatan

Ginseng merupakan salah satu tanaman herbal yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ginseng merupakan salah satu tanaman herbal yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Akar tanaman ini sudah lama dimanfaatkan sebagai obat herbal dalam pengobatan tradisional.  

Biasanya akar ginseng dikonsumsi dengan cara dicampurkan ke dalam minuman seperti teh hitam. Ada pun yang mencampurkan ginseng ke dalam makanan untuk memperkuat rasa dan aroma.  

Sebagai tanaman obat, ginseng dipercaya meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi kelelahan, mempercepat pemulihan penyakit, dan masih banyak lagi. Berikut manfaat ginseng untuk kesehatan tubuh. 

BACA JUGA:Agar Awet Muda, Bebas Kanker, Darah Tinggi, dan Kolesterol, dr Zaidul Akbar Sarankan Konsumsi Ini

1. Bantu meningkatkan fungsi otak

Ginseng sangat bermanfaat untuk fungsi otak yakni  meningkatkan kemampuan berpikir, berperilaku, serta memperbaiki kualitas hidup.

Hal tersebut dikarenakan komponen dalam ginseng berpotensi untuk mengobati gangguan kesehatan memengaruhi kemampuan mengingat seperti demensia dan alzheimer.

Kandungan antioksidan dalam ginseng juga mampu mengurangi stres oksidatif akibat radikal bebas yang dapat mengganggu proses kerja otak.

BACA JUGA:Intip Cara Membuat Ikan Asin dan Ragam Manfaatnya Bagi Kesehatan

2. Memiliki efek antiradang

Manfaat selanjutnya yang dimiliki ginseng adalah memiliki senyawa gibsennosinida yang bermanfaat sebagai antiradang. nSenyawa ginsenosida dapat memberikan efek berupa peningkatan kekebalan tubuh.

Saat sistem imun bekerja secara optimal menangkal infeksi, hal ini dapat mengurangi terjadinya peradangan.

3. Mengurangi stres

Salah satu manfaat ginseng yang dicari yakni dapat menghilangkan stres. Ginseng dapat memengaruhi sistem saraf tubuh dalam berbagai cara, seperti meningkatkan proses metabolisme yang nantinya melancarkan pembakaran energi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: