Intip Cara Membuat Ikan Asin dan Ragam Manfaatnya Bagi Kesehatan

Intip Cara Membuat Ikan Asin dan Ragam Manfaatnya Bagi Kesehatan

Ikan asin sendiri merupakan bentuk olahan dari ikan, baik itu manfaat ikan laut atau ikan air tawar-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Selain memiliki rasa yang nikmat bahkan dicintai hampir seluruh masyarakat Indonesia, tidak banyak yang mengetahui jika ikan asin memiliki ragam manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Sebagian orang mungkin banyak dari kita yang meremehkan salah jenis makanan olahan ikan khas Indonesia ini. Ikan asin memang terkadang dipandang sebelah mata, karena kesannya hanya sebagai makanan lauk pauk untuk kalangan miskin. 

Tapi siapa sangka, ada juga beberapa jenis ikan asin yang ternyata harganya tidak bersahabat dengan kalangan bawah, alias cukup mahal harganya.

Salah satu hal yang membuat ikan asin populer, selain harganya yang relatif lebih murah dan terjangkau adalah rasa khasnya yang unik dan dapat dijadikan lauk ataupun campuran sayuran seperti pada manfaat sayur asem.

BACA JUGA:Jangan Sampai Salah! Punya Fungsi yang Mirip, Berikut Perbedaan USB Type A, B dan C

Cara Membuat Ikan Asin 

Ikan asin sendiri merupakan bentuk olahan dari ikan, baik itu manfaat ikan laut atau ikan air tawar. Ikan-ikan ini diproses dengan cara diasinkan, kemudian dijemur selama beberapa hari dengan tujuan mengawetkan ikan tersebut. 

Tak heran, ikan asin mampu bertahan jauh lebih lama dibandingkan ikan segar yang hanya bertahan 3 – 4 hari saja pada udara terbuka atau suhu ruangan. Lantas apa saja manfaat ikan asin untuk kesehatan? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari ikan asin :

1. Baik untuk kesehatan tulang dan gigi

Ikan asin memiliki kandungan manfaat kalsium dan fosfor yang tergolong tinggi. Beberapa fakta menyebutkan bahwa ikan asin kering yang berjumlah 100 gram memiliki kandungan fosfor sebanyak 300 mg dan kandungan kalsium sebanyak 200 mg. fosfor dan kalsium ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi. 

BACA JUGA:Kantor Lurah Pematang Gubernur Sediakan Beragam Fasilitas Olahraga, Ajak Masyarakat Hidup Sehat

2. Menjaga daya tahan tubuh

Ikan asin ternyata juga mampu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan manfaat protein yang ada pada ikan asin. Apabila daya tahan tubuh anda bagus, maka anda akan tidak mudah merasa lelah dan tidak mudah terserang penyakit.

3. Membantu mempercepat penyembuhan luka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: