Terkenal Sebagai Obat Herba Tradisional, Inilah 5 Manfaat Ginseng untuk Kesehatan

Terkenal Sebagai Obat Herba Tradisional, Inilah 5 Manfaat Ginseng untuk Kesehatan

Ginseng merupakan salah satu tanaman herbal yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh-Pinterest -

Selain itu, konsumsi ginseng dapat mengurangi stres dan kecemasan. Manfaat ginseng ini berasal dari kandungan senyawa adaptogen yang dapat mengurangi kadar hormon stres. 

BACA JUGA:Hati-hati, Terlalu Tinggi Asupan Ini, Bisa Menyebabkan Mata Katarak, Simak Penjelasan dr Zaidul Akbar

Dengan kata lain, konsumsi ginseng dapat menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh dan membantu menciptakan suasana hati yang lebih baik.

4. Membantu mengontrol diabetes

Ginseng ternyata dapat memberi manfaat bagi Anda yang mempunyai penyakit diabetes. Konsumsi ginseng dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Tanaman herbal ini dapat membantu mengatur penyerapan glukosa dalam tubuh. Hal ini membuat Anda terlindungi dari lonjakan gula darah secara tiba-tiba yang bisa menimbulkan risiko terhadap diabetes.

Penting untuk diingat, sebelum pasien diabetes mengonsumsi ginseng, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Pasalnya, interaksi antara obat antidiabetes dan zat aktif dalam ginseng mungkin bisa menyebabkan reaksi tertentu yang justru berbahaya bagi kesehatan.

BACA JUGA:Ampuh Atasi Penyakit Gerd dalam Sekejap, dr Zaidul Akbar Sarankan Rutin Minum Herbal Ini

5. Mencegah kanker

Ginseng mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh sehingga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Ginsenosida yang terkandung dalam ginseng juga mempunyai sifat antitumor sehingga dapat mencegah perkembangan sel-sel kanker.

Salah satu jenis kanker yang dapat dibantu penyembuhannya dengan ginseng adalah kanker usus besar (kolorektal). Dari beberapa penelitian, konsumsi ginseng diketahui dapat menurunkan tingkat penyebaran kanker kolorektal.

Itulah manfaat mengonsumsi ginseng untuk kesehatan tubuh. Hal yang perlu diperhatikan dalam konsumsi ginseng sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak karena dapat menyebabkan beberapa efek samping dari konsumsi ginseng adalah sakit perut, sakit kepala, gangguan tidur, dan reaksi alergi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: