Tips Agar Ikan Hias Terhindar dari Penyakit, Waspada 7 Penyakit Ini

Tips Agar Ikan Hias Terhindar dari Penyakit, Waspada 7 Penyakit Ini

Tips Agar Ikan Hias terhindar dari penyakit-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BACA JUGA:Kunci Sukses Bisnis Budidaya Ikan Hias

4. Sisik Mengembung

Ketika ikan terlihat mengalami pembengkakan dan sisik yang mulai terlepas dari tubuhnya, maka dapat dipastikan ikan mengalami penyakit sisik mengembung. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang berasal dari air dalam akuarium.

5. Swim Bladder Disease

Penyakit ikan hias satu ini membuat kantung renang pada ikan mengalami kelainan sehingga membuat ikan kesulitan untuk berenang secara normal. Penyakit ini disebabkan oleh serangan bakteri yang berasal dari dalam akuarium.

6. Fin Rot

Saat sirip ikan hias terlihat sobek dan membusuk, maka ikan hias tersebut mungkin terserang penyakit fin rot atau sirip ekor busuk. Penyakit ini disebabkan oleh kurangnya perawatan pada ikan dan kualitas air yang buruk di dalam akuarium. 

Fin rot cukup berbahaya karena dapat menular ke ikan lainnya yang ada di dalam akuarium yang sama. Untuk mencegah dan mengobati penyakit ini, pastikan kondisi akuarium tetap bersih dan ikan mendapatkan perawatan yang baik. 

Pemilik juga bisa menggunakan obat-obatan khusus yang tersedia di toko ikan hias untuk mengatasi infeksi bakteri penyebab fin rot.

7. Pop Eye

Penyakit pop eye atau mata menggembung (exophthalmia) merupakan penyakit ikan hias yang membuat mata ikan terlihat menggembung dan menonjol. Penyakit ini dapat disebabkan oleh benturan yang terjadi di kepala ikan, berkelahi, atau terserang ikan lainnya. 

Selain itu, penyakit ini juga dapat disebabkan oleh serangan bakteri, jamur, dan parasit.

BACA JUGA:Ide Bisnis Ikan Hias Aquarium yang Mudah dan Bisa Untung Gede!

BACA JUGA:Wajib Dipelihara! Ikan Hias Ini Dipercaya Bisa Datangkan Keberuntungan dan Rezeki

Demikian pembahasan mengenai jenis penyakit ikan hias yang perlu diperhatikan bagi para pemilik ikan hias. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: