Pertimbangkan Sebelum Membeli, Berikut Simak Kelebihan dan Kekurangan Ban Vulkanisir

Pertimbangkan Sebelum Membeli, Berikut Simak Kelebihan dan Kekurangan Ban Vulkanisir

Ban vulkanisir merupakan salah satu alternatif pilihan ban kendaraan yang menawarkan harga cukup terjangkau-Pinterest -

Setelah mengetahui kelebihan dari ban vulkanisir tak lengkap jika kita tidak membahas kekurangannya. Meskipun harga lebih murah, kualitas dari ban vulkanisir tidak bisa disamakan dengan ban orisinil yang baru. 

Penggunaan ban vulkanisir berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara. Pada umumnya, ban vulkanisir memiliki permukaan yang lebih keras ketimbang ban orisinil. 

Hal ini tentunya sangat berpengaruh, terutama jika digunakan di jalan yang rusak dan bergelombang. Tidak hanya itu, penggunaan di jalan yang rusak dan berlubang juga memicu benjolan pada ban.

Hal yang juga perlu diperhatikan juga adalah  mengenai bahan ban vulkanisir. Pada dasarnya, ban vulkanisir merupakan ban bekas dengan alur yang sudah tipis kemudian dilapisi karet. 

Hal ini membuat kekuatan dari ban vulkanisir tidak sebaik ban orisinil. Pada umumnya, ban vulkanisir memiliki daya tahan 60-70% dari kondisi ban asli. Usia dari jenis ban tersebut tergolong cukup pendek, mencapai 1-2 tahun.

BACA JUGA:Simak 5 Tips Merawat Mobil LCGC Agar Kinerja Mesinnya Lebih Tahan Lama

Kondisi tapak ban yang diukir kembali juga menyebabkan permukaan ban semakin tipis. Hal ini membuat ban rentan bocor, bahkan sobek. Ban vulkanisir yang diberi tekanan angin tidak sesuai berisiko pecah saat digunakan.

Kekurangan lain yang dimiliki ban yang satu ini adalah penggunaan ban vulkanisir membuat keseimbangan kendaraan tidak stabil. Hal ini dikarenakan posisi tapak ban pada ban vulkanisir tidak seimbang. 

Posisi tapak ban tidak seimbang diakibatkan oleh pemasangan secara manual atau ala kadarnya. Ban vulkanisir juga memiliki daya cengkram yang lebih rendah sehingga cukup berisiko, terutama pada jalanan yang licin. 

Jika jahitan dan lem pada tapak ban terkelupas, mobil akan sulit dikendalikan dalam kecepatan tertentu dan berpotensi tergelincir.

Nah, setelah menyimak penjelasan di atas kamu pasti sudah bisa mempertimbangkan jika ingin membeli ban vulkanisir, meski menawarkan harga yang terjangkau, akan lebih baik menggunakan ban yang memiliki daya tahan yang kuat untuk menghindari risiko terjadinya kecelakan saat berkendara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: