Ini Dia 10 Manfaat Jus Tomat dan Wortel yang Jarang Diketahui

Ini Dia 10 Manfaat Jus Tomat dan Wortel yang Jarang Diketahui

Kandungan antioksidan di dalam jus tomat dan wortel tidak hanya baik untuk kesehatan kulit dan imunitas, tetapi juga bisa menurunkan risiko terkena penyakit kanker--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Manfaat jus tomat dan wortel bisa bikin kulit lebih glowing hingga mencegah penyakit, lho! Paduan buah berwarna merah dan sayur oranye ini bisa menghasilkan minuman yang nggak cuma enak dan menyegarkan, tetapi juga bernutrisi.

Manfaat jus tomat dan wortel diperoleh dari kandungan nutrisinya. Baik tomat maupun wortel, keduanya sama-sama mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata serta vitamin C yang penting untuk menjaga kesehatan kulit.

BACA JUGA: Paddock Astra Honda Kembali Terisi di Junior GP Barcelona

Tidak hanya itu, tomat dan wortel juga dilengkapi dengan serat dan sejumlah mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti magnesium, kalium, dan fosfor. Jus tomat dan wortel juga kaya akan antioksidan, mulai dari beta karoten, likopen, lutein, hingga zeaxanthin.

Beragam Manfaat Jus Tomat dan Wortel untuk Kesehatan
Buah tomat sering kali dikonsumsi secara langsung dan dijadikan sebagai pelengkap roti isi, kebab, atau kuah soto. Sementara itu, wortel biasa diolah menjadi capcai atau sayur sop. Keduanya juga bisa dikreasikan menjadi jus yang nikmat, lho. Selain enak dan segar, jus tomat dan wortel juga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan berikut ini:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh
Manfaat jus tomat dan wortel yang pertama adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat ini berasal dari vitamin A, vitamin C, dan likopen yang terkandung di dalam wortel dan tomat. Aneka nutrisi ini berperan penting dalam mendukung sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat sehingga kamu nggak mudah sakit.

BACA JUGA:Apoteker Ikuti Bimtek Pengawasan Perizinan Berusaha Berbasis Resiko di DPMPTSP

2. Melancarkan pencernaan
Baik wortel dan tomat, keduanya mengandung serat yang baik untuk menyehatkan dan melancarkan pencernaan sekaligus dapat membuat kotoran jadi lebih padat dan mudah dikeluarkan, sehingga kamu terhindar dari sembelit. Jus tomat dan wortel juga bisa menjadi sumber prebiotik alami yang baik untuk kesehatan usus.

3. Menjaga kesehatan mata
Salah satu manfaat wortel yang terkenal adalah menyehatkan mata. Manfaat tersebut berasal dari kandungan vitamin A, serta lutein dan zeaxanthin. Ketiga kandungan ini terbukti dapat melindungi indra penglihatan dari gangguan, seperti degenerasi makula. Selain wortel, ketiga nutrisi tersebut juga terkandung di dalam tomat.

4. Mencegah kram kaki
Kandungan kalium di dalam jus tomat dan wortel bisa meringankan keluhan kram kaki, nih. Mineral ini bisa membantu melancarkan aliran darah sehingga saraf dan otot tubuh dapat bekerja dengan lancar. Dengan begitu, otot-otot tubuh, termasuk otot kaki, akan lebih jarang mengalami kram kaki.

BACA JUGA:Berlaga di Prancis, Delvintor Optimis Suguhkan Performa Positif

5. Menjaga kesehatan jantung
Manfaat jus tomat dan wortel selanjutnya adalah menjaga kesehatan jantung. Berkat kandungan kalium dan antioksidan yang melimpah, jus ini mampu menjaga kesehatan jantung karena bisa menjaga tekanan darah tetap normal, mencegah hipertensi, serta  mengurangi kadar kolesterol jahat.

6. Membuat kulit lebih cerah
Ingin kulit sehat dan lebih cerah? Yuk, rutin konsumsi jus tomat dan wortel. Kandungan vitamin C dan beta karoten di dalam minuman ini terbukti bisa meningkatkan kolagen dan melembapkan kulit. Selain itu, minuman sehat ini juga kaya akan likopen yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan radikal bebas.

7. Menurunkan berat badan
Rutin mengonsumsi jus tomat dan wortel juga bisa membuat perut kenyang lebih lama dan menekan nafsu makan. Minuman ini sangat cocok bagi kamu yang sedang diet untuk mengurangi berat badan. Agar berat badan segera berkurang, kamu juga perlu mengonsumsi makanan diet yang menyehatkan serta rajin berolahraga setiap hari, ya!

BACA JUGA:Rancangan PKPU Disetujui DPR, Apakah Rohidin Tak Bisa Nyalon Gubernur?

8. Meningkatkan fungsi otak
Salah dua antioksidan yang terkandung di dalam jus tomat dan wortel adalah flavonoid dan likopen. Nutrisi ini diketahui bisa menjaga kesehatan otak dan meningkatkan kemampuan mengingat juga berpikir. Kandungan serat, antioksidan, vitamin, dan mineral pada jus tomat dan wortel juga baik untuk mencegah pikun dan stroke.

9. Menjaga kesehatan saraf dan otot
Kalium bertanggung jawab dalam menjaga keseimbangan elektrolit di dalam tubuh supaya pengiriman sinyal saraf bisa lancar. Dengan lancarnya sinyal saraf, semua otot pun bisa berfungsi dengan normal. Untuk mencukupi asupan kalium harian, kamu bisa nih rutin mengonsumsi jus tomat dan wortel, jus jeruk, atau jus timun. Soalnya, semua sayur dan buah tersebut tinggi kalium.

10. Mengurangi risiko kanker
Kandungan antioksidan di dalam jus tomat dan wortel tidak hanya baik untuk kesehatan kulit dan imunitas, tetapi juga bisa menurunkan risiko terkena penyakit kanker. Seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker mulut, kanker paru-paru, serta kanker kandung kemih.

BACA JUGA:Agar Menjadi Haji Mabrur, Amalkan Doa Berikut Serta Kapan Waktu Terbaik untuk Mengamalkannya

Kendati begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut lagi untuk mengetahui efektivitas dan keamanan dari minuman ini, ya. Oleh karena itu, kamu nggak bisa menjadikan jus tomat dan wortel sebagai terapi utama pada penyakit kanker.

Banyak juga ya manfaat jus tomat dan wortel untuk kesehatan. Jika tertarik mencoba jus ini, kamu bisa kok membuatnya di rumah. Untuk membuat segelas jus bernutrisi ini kamu cuma butuh wortel dan tomat yang sudah dicuci bersih juga dipotong kecil-kecil.

Selanjutnya, campurkan tomat dan wortel dengan air mineral dan es batu agar lebih menyegarkan. Tidak perlu menambahkan gula atau susu kental manis ke dalam jus ini, ya. Tanpa ditambahkan pemanis, jus ini juga sudah mengandung gula alami sehingga rasanya pasti enak. Meski bermanfaat untuk kesehatan, lengkapi pula nutrisi harianmu dengan mengonsumsi makanan sehat lainnya, seperti ikan, daging, telur, ayam, serta aneka sayur dan buah. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: