8 Tips Menghentikan Keinginan Makan Makanan Manis

8 Tips Menghentikan Keinginan Makan Makanan Manis

Batas konsumsi gula harian yang dianjurkan hanyalah 10% dari total kebutuhan kalori per hari (200 kkal)-Pinterest -

3. Pilih alternatif makanan lain

Memilih alternatif makanan lain yang lebih sehat juga bisa kamu coba untuk menghentikan keinginan makan makanan manis secara berlebihan.

Kamu bisa mengganti konsumsi camilan yang mengandung banyak gula tambahan dengan makanan yang memang manis secara alami, seperti buah-buahan. Selain rasa manisnya serupa, buah-buahan segar juga mengandung serat, vitamin, dan mineral, yang baik untuk kesehatan dan mengontrol nafsu makan.

BACA JUGA:Benarkah Menggunakan Dry Shampoo Bisa Bikin Kanker?

4. Perbanyak konsumsi protein 

Fungsi protein yang pertama adalah sebagai salah satu sumber energi yang penting bagi tubuh, selain lemak dan karbohidrat. Sama halnya dengan makanan manis yang mengandung karbohidrat, protein mengandung 4 kalori per gram-nya.

Sementara itu, energi dari protein akan disimpan sebagai cadangan dan digunakan ketika tubuh benar-benar membutuhkannya, misalnya saat Anda berpuasa hingga 18–48 jam tanpa asupan makanan. 

Oleh karena itu, protein digunakan untuk menahan rasa lapar lebih lama sehingga dapat mencegah kamu untuk mengonsumsi makanan manis secara berlebihan. 

5. Cukupi asupan serat

Mencukupi asupan serat setiap hari merupakan salah satu cara untuk menghentikan sugar craving, lho. Soalnya, kandungan serat pada makanan, seperti gandum, biji-bijian, kacang, buah, dan sayuran, dapat membuatmu kenyang lebih lama, sehingga kamu terhindar dari keinginan untuk mengonsumsi makanan manis secara terus-menerus.

Agar lebih sehat, kamu bisa mengombinasikan makanan berserat dengan yoghurt yang rendah lemak dan tanpa perasa tambahan (plain yoghurt).

BACA JUGA:Daun Patikan Kebo Ternyata Punya Manfaat Sangat Baik untuk Kesehatan

6. Makan secara teratur

Jika biasanya kamu makan saat benar-benar merasa lapar saja, mulai sekarang biasakan untuk makan setiap 3–5 jam sekali. Namun, tetap batasi porsinya, ya. Hal ini bermanfaat untuk membantumu mengontrol nafsu makan sehingga sugar craving juga bisa dikendalikan.

7. Tidur yang cukup

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: