Mata Suka Berair? Inilah 6 Penyebab Mata Berair yang Harus Diatasi

Mata Suka Berair? Inilah 6 Penyebab Mata Berair yang Harus Diatasi

Penyebab mata berair -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Air mata memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata. Mereka membantu menjaga kelembapan, membersihkan debu dan partikel asing, serta melindungi mata dari infeksi. 

Namun, ketika produksi air mata berlebihan atau aliran air mata terganggu, mata bisa menjadi berair dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Bila tidak segera ditangani, keluhan ini tentunya akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu penglihatan.

Meski terkesan ringan, mata berair terus sebaiknya tidak dianggap sepele, terlebih ketika keluhan tersebut sudah mengganggu aktivitas sehari-hari.

Hal ini karena mata berair terus bisa saja disebabkan oleh kondisi yang membutuhkan penanganan khusus.

BACA JUGA:Cara Mengobati Batuk dan pilek Secara Alami, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

Beberapa kondisi ringan, seperti alergi dan iritasi, bisa membuat mata memproduksi lebih banyak air mata sehingga Anda mengalami mata berair. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui beberapa penyebab terjadinya 

1. Alergi

Penyebab paling umum mata berair terus adalah alergi. Alergi pada mata dapat dipicu oleh paparan debu, serbuk sari, asap rokok, polusi, atau bulu hewan peliharaan yang masuk ke dalam mata.

Alergi pada mata bisa membuat mata berair, merah, gatal, dan bengkak. Keluhan ini bisa berlangsung selama beberapa jam sampai berhari-hari.

Pada sebagian kasus, mata berair terus akibat alergi mungkin saja disertai dengan gejala alergi lainnya, seperti batuk, pilek, dan hidung tersumbat.

BACA JUGA:Bau Tapi Menyehatkan, Inilah 5 Manfaat Natto untuk Kesehatan

2. Mata lelah

Mata yang kelelahan, misalnya karena terlalu lama menatap gawai atau membaca buku, bisa menyebabkan mata Anda menjadi kering.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: