Tips Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tanah, Simak Selengkapnya

Tips Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tanah, Simak Selengkapnya

Tips Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tanah-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Budidaya ikan gurame di kolam tanah memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh jenis media budidaya lainnya.

 Salah satunya adalah ekosistem kolam yang menyerupai habitat asli ikan, membantu mengurangi tingkat stres gurame dan memfasilitasi pertumbuhan mereka secara alami. 

Selain itu, ketersediaan pakan alami dalam kolam tanah juga dapat membantu menekan biaya pakan ikan.

BACA JUGA:Vira Ria Rinjani, Perempuan Berdarah Rejang yang Sukses Budidayakan Maggot dari Limbah Sampah Organik

BACA JUGA:Tingkatkan Produktivitas Masyarakat, PLN Hadirkan Budidaya Jeruk di Bawah Jalur Transmisi

Ikan gurame merupakan salah satu ikan air tawar yang sangat diminati karena dagingnya yang lezat. Bahkan, olahan gurame menjadi menu andalan di banyak restoran mewah, yang menjadikan harga jualnya cukup fantastis.

Dalam memulai budidaya ikan gurame, perlu dipertimbangkan biaya untuk beberapa keperluan, termasuk bibit gurame, pakan, obat, vitamin, operasional, dan pembangunan media budidaya. 

Ada tiga jenis media budidaya yang umum dipilih, yaitu kolam terpal, kolam beton, dan kolam tanah. Dari ketiganya, kolam tanah merupakan opsi yang paling ekonomis.

Keunggulan kolam tanah tidak hanya terletak pada biaya pembangunannya yang lebih murah, tetapi juga kemampuannya untuk menghasilkan pakan alami secara alami. 

Ini memungkinkan pengusaha menekan biaya pakan ikan karena sumber pakan alami yang melimpah. Selain itu, ekosistem kolam tanah yang menyerupai habitat asli ikan gurame juga membantu mengurangi tingkat stres pada ikan, sehingga meningkatkan kenyamanan dan pertumbuhan mereka.

Kelebihan & Kekurangan Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tanah :

Budidaya gurame menawarkan sejumlah keuntungan dalam bisnis, termasuk harga jual yang tinggi, pasar yang ditujukan untuk kalangan menengah ke atas, dan minimnya pesaing yang memudahkan dalam merajai pasar. 

Namun, ada beberapa kelemahan yang perlu diwaspadai, seperti rentan terhadap penyakit, masa budidayanya yang lebih panjang, dan membutuhkan lahan yang luas.

Budidaya gurame di kolam tanah menjadi pilihan yang tepat karena dengan lahan yang sama, kolam tanah dapat dibuat lebih luas daripada jenis kolam lainnya, sehingga dapat menampung lebih banyak ikan gurame. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: