Tips Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tanah, Simak Selengkapnya

Tips Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tanah, Simak Selengkapnya

Tips Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tanah-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

Selain itu, biaya pembuatan kolam tanah juga relatif murah. Dibandingkan dengan kolam terpal yang juga murah, kolam tanah lebih disarankan karena lebih kokoh.

Keunggulan lain dari kolam tanah adalah ketersediaan pakan alami dan ekosistemnya yang menyerupai habitat asli ikan gurame, yang sangat mendukung pertumbuhan mereka.

Namun, pembuatan kolam tanah memerlukan perhatian khusus terhadap kualitas tanah, seperti tingkat keasaman tanah, yang akan berdampak langsung pada pH air. Tanah yang terlalu asam dapat memengaruhi pertumbuhan ikan gurame.

BACA JUGA:Bisnis Menggiuaran dari Usaha Budidaya Maggot! Si Agen Pengurai Sampah Organik

BACA JUGA:Begini Cara Budidaya Udang Vaname di Kolam Terpal Kecil

Selain itu, menjaga kualitas air dan tanah secara rutin sangat penting, karena gurame dapat rentan terhadap hama dan penyakit yang berasal dari dalam tanah.

Setelah mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan kolam tanah, berikut adalah langkah-langkah budidaya ikan gurame di kolam tanah agar menghasilkan panen maksimal.

1. Penentuan dan Persiapan Kolam Tanah

Langkah awal dalam membuat kolam tanah sebagai media budidaya ikan gurame adalah menentukan jenis kolam tanah yang akan digunakan. 

Terdapat tiga jenis kolam tanah yang umum digunakan, yaitu kolam tanggul tanah, kolam tanggul tembok atau batu, dan kolam tambak air payau. Pemilihan jenis kolam sebaiknya disesuaikan dengan kondisi lahan yang tersedia.

Setelah menentukan jenis kolam, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan kolam tanah tersebut.

Berikut ini aturan pembuatan kolam tanah:

- Pilih lokasi yang mendapatkan cukup sinar matahari.

- Lahan cukup luas dan memiliki lingkungan sekitar yang bersih.

- Tanah gembur dengan kandungan pasir sebesar 40%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: