Jarang Diketahui, Inilah Manfaat Minum Air Dingin untuk Tubuh

Jarang Diketahui, Inilah Manfaat Minum Air Dingin untuk Tubuh

Minum air dingin pada waktu yang tepat bisa meringankan gejala suatu penyakit dan mencegah kemunculan penyakit serius-Pinterest -

3. Membantu membakar kalori

Minum air hangat ataupun air dingin bisa sama-sama membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, air lebih cepat mengisi perut sehingga membantu mengurangi lapar dan mencegah makan berlebihan. 

Namun, minum air dingin membantu membakar kalori lebih baik dibandingkan dengan minum air biasa atau air hangat.

Ini berkat tubuh yang mengeluarkan energi lebih banyak untuk menyesuaikan suhu tubuh normal dengan air dingin yang diminum. 

Meski begitu, kalori yang terbakar jumlahnya hanya sedikit. Minum air dingin tidak bisa menjadi satu-satunya cara untuk menurunkan berat badan. 

4. Baik untuk kesehatan kulit

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja, minum air dingin juga baik untuk menjaga kesehatan kulit. Hal ini karena air dingin dapat mencegah dehidrasi sehingga kelembapan kulit tubuh tetap terjaga. 

Mencuci muka atau mengompres wajah dengan air es juga punya manfaat mengurangi iritasi dan bengkak pada wajah.

BACA JUGA:Awas! Simak Ciri-ciri Daging Ayam Tiren dan Cara Membedakannya

Tidak seburuk yang dianggap banyak orang, minum air dingin bisa menormalkan suhu tubuh, membantu mengurangi demam, hingga meredakan sakit gigi.

Usahakan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh harian untuk mencegah risiko penurunan fungsi tubuh, dehidrasi, atau gangguan keseimbangan elektrolit.

5. Mengurangi mual setelah operasi

Setelah melakukan prosedur pembedahan atau operasi, pasien terkadang mengeluhkan gejala mual hingga muntah. 

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Babali Nursing Research mengungkapkan bahwa minum air dingin memberikan manfaat mengurangi mual dan muntah setelah operasi. 

Hal ini karena air dingin memiliki efek yang menyegarkan sekaligus menenangkan tubuh. Air dingin juga lebih lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: