Awas! Simak Ciri-ciri Daging Ayam Tiren dan Cara Membedakannya

Awas! Simak Ciri-ciri Daging Ayam Tiren dan Cara Membedakannya

Ayam tiren adalah istilah yang digunakan untuk menyebut jenis daging ayam yang telah kedaluwarsa atau tidak layak lagi dimakan-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu kekhawatiran para ibu-ibu di rumah saat belanja ayam dipasar adalah daging ayam yang sudah mati kemarin bahkan sudah membusuk namun masih diperjual belikan. Oleh karena itu, agar tidak tertipu dengan penjual ayam nakal, Anda perlu manyimak artikel berikut ini. 

Ayam tiren atau dikenal juga dengan istilah "mati kemaren" masih banyak diperjualbelikan di pasar-pasar tradisional.

Bahkan dengan tipu muslihat, para pedangan melakukan segala cara agar ayam tetap laku dengan mencampurnya bersama bahan-bahan kimia agar tetap terlihat segar. 

Namun, pastikan Anda tidak tertipu dengan ayam tiren yang tidak layak dikonsumsi. Berikut ciri-ciri ayam tiren yang perlu diketahui.

BACA JUGA:Cara Mudah Membersihkan Jas Hujan yang Berjamur

Ciri-ciri Ayam Tiren

Ayam tiren adalah istilah yang digunakan untuk menyebut jenis daging ayam yang telah kedaluwarsa atau tidak layak lagi dimakan. 

Ayam yang dijual sebagai bahan makanan harus melalui proses penyembelihan dan pemotongan. Namun, ayam tiren sudah lebih dulu mati tanpa melalui proses penyembelihan. 

Hal ini membuat daging ayam tiren terkontaminasi lebih banyak bakteri penyebab penyakit dan kualitas daging, baik jenis ayam negeri maupun kampung, pun tidak segar dan berbau.

Agar tidak salah memilih, berikut ini ciri-ciri daging ayam tiren yang harus diperhatikan berdasarkan warna, aroma, tekstur, dan tampilan daging yang dikutip dari laman alodokter.com.  

BACA JUGA:Keris Mpu Gandring! Pusaka Sakti Pencabut Maut di Tanah Jawa

1. Warna daging

Sa;ah satu ciri utama ayam tiren yang cukup mencolok adalah warna dagingnya. Daging ayam tiren cenderung berwarna putih pucat, tidak terlihat kemerahan.

Selain itu, daging ayam tiren tampak kebiru-biruan. Bercak-bercak merah yang ada malah tampak seperti memar, biasanya terlihat jelas di bagian kepala dan leher daging ayam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: