Aksi Cepat TNI Gotong Royong Bersama Warga Perbaiki Jembatan yang Rusak

Aksi Cepat TNI Gotong Royong Bersama Warga Perbaiki Jembatan yang Rusak

Aksi gerak cepat yang dilakukan oleh pihak TNI bersama warga terhadap salah satu jembatan yang rusak di Kabupaten BU, Jumat 26 April 2024.-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Gerak cepat yang dilakukan oleh pihak TNI terkhususnya jajaran Koramil 423-01/Ketahun Kodim 0423/Bengkulu Utara (BU) patut diacungkan jempol.

Terhadap akses jembatan rusak yang berada diperbatasan antara Dusun Simpang Batu dengan Dusun lembah duri, Desa Air Sebayur Kecamatan Pinang Raya Kabupaten BU, pada Jumat 26 April 2024.

Dandim 0423/BU Letkol Kav Aidil Hajri MHan melalui Danramil 423-01/Ketahun Kapten Inf Yudi Triawan mengungkapkan bahwa jembatan tersebut sudah berusia lama dan berpotensi ambruk di bagian lantai yang terbuat kayu, sehingga sebagai upaya gerak cepat dalam beberapa hari Babinsa bersama warga bahu membahu bergotong royong untuk memperbaiki secara swadaya.

Perbaikan jembatan oleh warga dan pihak TNI tersebut merupakan hasil koordinasi dengan pemerintah desa setempat. Tujuan perbaikan agar transportasi antara dusun simpang batu dengan dusun lembah duri, Desa Air Sebayur Kecamatan Pinang Raya dapat terus berjalan dengan lancar.

BACA JUGA:Ratusan Warga Bengkulu Jadi Korban Investasi Bodong, Total Kerugian Rp 2 M, Pelaku Oknum Mahasiswi

"Ya, hal ini salah satu aplikasi kemanunggalan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan rakyat adalah gotong royong. Sebagaimana yang dilakukan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 423-01/Ketahun bersama masyarakat memperbaiki jembatan di Desa Air Sebayur Kecamatan Pinang Raya, Kabupaten BU agar kembali berjalan lancar," ujarnya.

Ditambahkannya, jembatan tersebut merupakan akses utama yang menghubungkan Kecamatan Giri Mulya dengan Kecamatan Ketahun dan Pinang Raya. 

Jembatan di jalan lintas yang berada di Kabupaten Bengkulu Utara tersebut mengalami kerusakan yang cukup parah. Tepatnya di perbatasan antara dusun simpang batu dengan dusun lembah duri, Desa Air Sebayur Kecamatan Pinang Raya. Dikarenakan sudah dimakan usia dan sering dilewati oleh kenderaan pengangkut kelapa sawit. Sehingga papan yang berada di jembatan sudah lapuk dan ada bagian yang sudah patah dan harus segera diganti, agar tidak menimbulkan kecelakaan bagi pengendara yang melewati jembatan tersebut.

BACA JUGA: Longsor, Jalan di Perbatasan Bengkulu Utara-Lebong Lumpuh Total

"Ini juga sebagai bentuk peran pembinaan teritorial TNI sebagai wujud kepedulian terhadap fasilitas umum yang ada di Kecamatan Pinang Raya yang masuk dalam wilayah Koramil 423-01/Ketahun," ungkapnya.

Danramil pun berharap aksi cepat gotong royong ini dapat mempertahankan kondisi jembatan yang sudah termakan usia sehingga masih dapat dilewati oleh masyarakat untuk beraktifitas sambil menunggu realisasi perbaikan dari pemerintah daerah.

"Semoga apa yang kita lakukan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat sembari menunggu realisasi perbaikan dari pemerintah daerah," pungkasnya.(127)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: