Apa Saja Keutamaan dari Puasa Syawal, Berikut Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

Apa Saja Keutamaan dari Puasa Syawal, Berikut Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

Ustaz Adi Hidayat jelaskan keutamaan dari puasa syawal-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Puasa Sunnah Syawal adalah ibadah yang dianjurkan yang dimulai setelah Hari Raya Idul Fitri, yaitu pada tanggal 1 Syawal dalam kalender Islam.

Puasa Syawal biasanya dilakukan selama enam hari berturut-turut, mulai dari tanggal 2 hingga 7 Syawal. Namun demikian, puasa juga bisa dilakukan secara berselang-seling di dalam bulan Syawal.

Dalil keutamaan puasa Syawal ini merujuk pada riwayat yang berasal dari Abu Ayub Al Anshari, di mana Rasulullah SAW menyampaikan pesan yang mendorong umatnya untuk menjalankan ibadah puasa Syawal.

BACA JUGA:Berdoa di Waktu Ini, Ustaz Adi Hidayat: Hajat Sedalam Samuderapun Akan Terwujud

BACA JUGA:Doa Sebelum Salam Saat Sholat, Ustaz Adi Hidayat: Cepat Dikabulkan Allah SWT

"Barang siapa berpuasa Ramadan lalu melanjutkannya dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka itu setara dengan puasa sepanjang tahun," (HR Muslim dan Imam Ahmad).

Kemudian hadits lainnya berbunyi:

"Puasa bulan Ramadan pahalanya setara dengan puasa sepuluh bulan dan puasa enam hari syawal pahalanya senilai dengan puasa dua bulan. Jumlah keseluruhannya satu tahun penuh,".

Tidak hanya merayakan kemenangan setelah menjalankan ibadah puasa Ramadan selama sebulan, umat Islam juga diajak untuk melanjutkan perjalanan spiritual dengan menjalankan ibadah puasa sunnah di bulan Syawal selama enam hari.

Puasa sunnah ini memiliki nilai pahala yang tinggi dan merupakan kelanjutan dari ibadah Ramadan serta perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Selain mendatangkan pahala, terdapat beberapa keutamaan lain dari puasa sunnah Syawal yang patut untuk diperhatikan.

Ibadah ini tidak hanya menjadi bentuk pengabdian kepada Allah SWT, tetapi juga sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran spiritual setelah berakhirnya bulan Ramadan dan perayaan Shalat Idul Fitri.

Dalam tausiyahnya, Ustadz Adi Hidayat mengulas mengenai keutamaan puasa sunnah Syawal, menyoroti betapa istimewanya ibadah ini bagi umat Islam dan bagaimana hal itu dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Apakah Puasa Syawal Harus Dilakukan Berurutan, Berikut Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: