Apakah Puasa Syawal Harus Dilakukan Berurutan, Berikut Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

Apakah Puasa Syawal Harus Dilakukan Berurutan, Berikut Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

Ustaz Adi Hidayat jelaskan waktu melaksanakan puasa syawal-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Dalil keutamaan puasa Syawal merujuk pada sebuah riwayat yang berasal dari Abu Ayyub Al-Ansari. Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya:

"Barang siapa berpuasa Ramadan lalu melanjutkannya dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka itu setara dengan puasa sepanjang tahun," (HR Muslim,Imam Ahmad dan Jabir).

Selain itu, Tsauban juga meriwayatkan dalam hadits yang berbunyi:

BACA JUGA:Amalan Dianjurkan Rasul Saat Ramadhan, Ustaz Adi Hidayat: Langsung Dibangunkan Istana di Surga

BACA JUGA:Bagaimana Syarat Sholat Jamak Saat Tengah Mudik? Simak Penjelasan Ustaz Adi Hidayat Berikut Ini

"Puasa bulan Ramadan pahalanya setara dengan puasa sepuluh bulan dan puasa enam hari syawal pahalanya senilai dengan puasa dua bulan. Jumlah keseluruhannya satu tahun penuh,".

Seperti yang diketahui, Puasa Sunnah Syawal tepat dimulai setelah Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada 1 Syawal.

Ini berarti, puasa Syawal dilakukan mulai tanggal 2 hingga 7 Syawal (6 hari puasa Syawal), atau bisa juga dilakukan secara berselang-seling dengan catatan tetap berada di rentang bulan Syawal.

Kemudian apakah puasa syawal harus dilakukan secara berurutan, terkait hal tersebut  pernah dijelaskan Ustaz Adi Hidayat dalam suatu ceramah yang videonya diunggah oleh kanal Youtube Muslimah Hijrah ID.

Dalam ceramahnya, Ustaz Adi Hidayat menjelaskan mengenai cara melaksanakan puasa Syawal apakah harus berurutan atau tidak.

Menurut Ustaz Adi Hidayat, bulan Syawal adalah waktu untuk menyempurnakan keimanan setelah menjalankan ibadah puasa selama 30 hari di bulan Ramadan.

Oleh karena itu, Rasulullah SAW menganjurkan umat Muslim untuk melaksanakan ibadah puasa sunnah di bulan Syawal selama 6 hari.

Ustaz Adi Hidayat juga menyampaikan bahwa umat Muslim yang ingin menunaikan puasa Syawal diberi kelonggaran waktu yang cukup panjang hingga akhir bulan Syawal.

BACA JUGA:Agar Mendapat Ampunan di Sholat Tarawih Bulan Ramadhan, Ustaz Adi Hidayat Bagikan Rahasianya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: