Gampang dan Anti Ribet! Begini Cara Melacak Laptop yang Hilang Melalui Hp

Gampang dan Anti Ribet! Begini Cara Melacak Laptop yang Hilang Melalui Hp

Laptop yang hilang pasti meninggalkan rasa was – was dan takut tidak bisa ditemukan--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Penyebab laptop hilang dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Andai kejadian tersebut terjadi maka tidak ada yang perlu dirisaukan apalagi khawatir. Ada cara untuk menemukan lokasi laptop Anda. Ada beberapa hal penting sebelum membahas bagaimana cara melacak laptop yang hilang melalui hp.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Kejadian laptop hilang pasti bukan keinginan semua orang terlebih apabila terdapat banyak file penting di dalamnya. Sebaiknya Anda memperhatikan hal di bawah ini untuk mencegah kejadian tidak mengenakkan terjadi:

Pertama, jika memakai laptop Macbook pastikan fitur Find My Mac telah diaktifkan. Setelah aktif, pilih opsi pada fitur untuk memudahkan mencari laptop saat hilang dengan mengaktifkan bunyi, pesan khusus pada layar atau mengunci Mac agar mencegah terbukanya akses bagi orang lain untuk masuk.

BACA JUGA:Begini Cara Nonaktifkan WhatsApp Sementara Tanpa Menghapus Aplikasi WA

Kedua, jika menggunakan laptop Windows aktifkan fitur Find My Device pada pengaturan. Kedua hal tersebut perlu diperhatikan agar mencegah apabila laptop hilang sewaktu – waktu. Dengan adanya fitur Find My maka tidak ada rasa khawatir karena dapat dilacak dengan mudah.

Simak Beberapa Cara Melacak Laptop yang Hilang Melalui HP
Laptop yang hilang pasti meninggalkan rasa was – was dan takut tidak bisa ditemukan. Sekarang tidak perlu merasa seperti itu karena ada cara yang dapat dipakai apabila hal tersebut terjadi. Lalu apa saja yang dipakai sebagai cara Melacak Laptop yang hilang melalui hp? Yuk simak langkah – langkahnya.

1. Melacak Laptop Macbook melalui HP
Bagi pengguna laptop Macbook dapat menggunakan cara ini untuk mencari laptop yang hilang. Biasanya pada laptop ini telah tersedia fitur Find My Mac yang memudahkan pengguna apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. Berikut tahapan – tahapan yang dapat dilakukan, adalah sebagai berikut:

- Klik pada system preference
- Buka pada pengaturan iCloud
- Klik Find My Mac dan centang pada kotak yang tersedia
- Setelah dicentang fitur akan diaktifkan
- Login iCloud.com menggunakan id Apple
- Perangkat akan tersambung pada id yang dimasukkan
- iCloud akan melacak lokasi laptop Anda berada

BACA JUGA:Buruan Daftar! Beasiswa Kepri 2024 untuk S1 dan D3 sudah Buka

2. Melacak Laptop Windows Melalui HP
Tidak hanya laptop Macbook saja yang memiliki fitur Find My Mac. Sekarang Windows memiliki fitur yang tidak kalah hebat yaitu dengan adanya Find My Device laptop dapat dengan mudah ditemukan. Nah simak cara melacak Windows, yaitu sebagai berikut:

- Buka pengaturan pada laptop
- Pilih update and security
- Klik Find My Device
- Aktifkan fitur tersebut
- Masuk menggunakan email atau nomor HP
- Lokasi akan segera terlacak

3. Cara Melacak Laptop yang Hilang Melalui Hp dengan Gmail
Apabila cara diatas tidak bisa dilakukan atau belum mengaktifkan fitur Find My Device atau Mac maka tidak perlu risau. Masih ada cara lain yang mudah untuk digunakan. Cara ini akan melihat alamat IP berasal. Namun tahapan ini bisa dijalankan apabila laptop telah terhubung dengan internet. Berikut adalah caranya:

- Buka Gmail
- Login menggunakan akun Anda
- Pada halaman pertama lihat pada bagian kanan paling bawah
- Klik details
- Halaman akan muncul dan terlihat semua aktivitas yang telah terhubung melalui akun Gmail
- Jika ingin melihat detail aktivitas klik Shows Details atau Security Checkup
- Alamat IP akan memunculkan seluruh aktivitas terakhir yang digunakan

BACA JUGA:Wow! Gaji Host Live TikTok Shop 2024, Lebih Besar dari Gaji UMR

4. Cara Melacak Laptop yang Hilang Melalui Hp dengan Dropbox
Melacak laptop yang hilang juga dapat dilakukan melalui Dropbox. Sama halnya dengan Gmail, laptop harus terhubung dengan internet agar aktivitas yang dilakukan dapat terpantau dengan mudah. Berikut tahapan yang dilakukan saat melacak melalui Dropbox, yaitu:

- Masuk menggunakan akun Dropbox
- Klik pada bagian profile pojok kanan atas
- Pilih setting atau pengaturan
- Pilih pada bagian security atau keamanan
- Akan terlihat aktivitas dan lokasi terakhir

Apa Saja Aplikasi yang Digunakan Melacak Laptop?
Pembahasan diatas telah menjelaskan langkah – langkah yang harus dilakukan guna melacak laptop yang hilang. Ada berbagai aplikasi yang digunakan dengan cara menginstal supaya lebih aman. Beberapa aplikasi yang dapat berguna sebagai alat untuk melacak laptop, antara lain:

1. Aplikasi Prey
Sebelum masuk pada cara mengaktifkan aplikasi Prey, install terlebih dahulu secara gratis. Setelah diinstall otomatis akan mendapat tiga fitur utama yang tersedia. Jika laptop hilang maka Prey akan memberitahukan berupa notifikasi dengan segera setelah terhubung dengan internet. Caranya adalah:

BACA JUGA:Tertarik Ingin Berjualan Di Shopee? Simak Langkahnya

- Install Prey melalui link http://preyproject.com
- Sign in dengan mengikuti arahan yang tertera pada halaman
- Setelah login, pilih Add New Device
- Pilih perangkat yang diinginkan untuk protect
- Setelah itu install Prey yang telah diunduh
- Buka dan klik Existing User
- Nantinya Prey akan memberikan notifikasi lokasi selama sepuluh menit
- Untuk mengubah bisa menuju ke setting Prey Configuration
- Pilih jangka waktu update untuk melacak lokasi
- Prey sudah dapat digunakan sebagai GPS

2. Aplikasi Lojack
Aplikasi Lojack memiliki fungsi yang sama dengan Prey. Pada aplikasi ini bukan hanya sekadar melacak namun juga mengirimkan tim penyidik hingga laptopmu berhasil ditemukan. Apabila tidak berhasil maka Lojack akan mengganti rugi senilai Rp 13 juta.

Untuk menginstall aplikasi ini memang diperlukan uang yang cukup besar sekitar 198 ribu per tahunnya. Namun hal ini sepadan dengan bantuan yang ditawarkan. Aplikasi ini juga melindungi semua data pada laptop. Tentunya aplikasi ini patut dicoba mengurangi resiko kehilangan.

3. Aplikasi LockItTight
Sama halnya dengan kedua aplikasi di atas, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur untuk memata – matai. Dengan begitu laptop akan lebih mudah ditemukan. Beberapa fitur yang ada seperti screen capture yang dapat memantau semua aktivitas melalui webcam yang ada di laptop.

BACA JUGA:Nekat Maksiat di Malam Lailatul Qadar, Buya Yahya: Dosanya Akan Dilipatgandakan?

Aplikasi ini dapat diinstall secara gratis dengan keuntungan lima fitur utamanya. Untuk mendapatkan fitur lengkap maka dapat membayar senilai Rp 26 ribu tiap bulannya. Dengan fasilitas lengkap yang ditawarkan tidak sia – sia jika Anda ingin berlangganan aplikasi ini.

Sistem Keamanan Pada Laptop
Sistem keamanan yang ada pada komputer atau laptop dibuat sebagai penjaga agar tidak diinterupsi oleh orang lain yang bukan miliknya. Peningkatan keamanan terus dikembangkan seiring berkembangnya teknologi. Dibuatlah banyak fitur yang semakin berkualitas dari segi keamanannya.

Berbagai program diterapkan pada perangkat guna melindungi akses atau informasi pada laptop terhadap pencurian atau serangan dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Maka dibuatlah sistem keamanan untuk mencegah terjadinya hal tersebut.

Adapun keamanan meliputi beberapa aspek, diantaranya ada authentication yang digunakan supaya informasi yang disampaikan asli dari orang yang bersangkutan, integrity, authority, privacy, access control, dan confidentiality. Lebih amannya disarankan untuk mengamankan dengan cara seperti di atas.

Cara Mengunci Laptop Windows yang Jauh
Agar file yang ada pada laptop tidak diotak – atik oleh orang yang tidak dikenal maka lebih baik Anda mengunci Windows supaya file yang ada tidak disalahgunakan. Berikut langkah yang dapat Anda terapkan dengan mudah, caranya adalah:

- Setelah alamat IP ditemukan, klik kunci
- Lalu Klik continue
- Windows akan terkunci
- Untuk lebih amannya atur ulang kata sandi.

BACA JUGA:Desain Estetik dengan Pilihan Warna Menarik, Ini Spesifikasi dan Harga HP Tecno Camon 20 Premier 5G

Cara Mengubah Sandi Akun Google
Jika belum mengetahui cara mengubah sandi maka simak langkah guna membantu keamanan perangkat yang ada pada akun, khususnya Google. Berikut langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam mengubah kata sandi atau password akun Google Anda, yaitu sebagai berikut:

- Buka akun Google
- Pilih keamanan
- Login pada akun Google
- Cari pilihan sandi
- Login kembali
- Masukkan sandi baru
- Pilih ubah sandi

Cara Mengeluarkan Akun dari Perangkat
Mengamankan akun dari laptop yang hilang dapat dilakukan dari jarak jauh agar akun yang ada tidak bisa diakses dengan mudah. Salah satunya dengan melogout akun Google. Cara ini mudah dilakukan untuk menonaktifkan semua perangkat yang terhubung, berikut langkah – langkahnya yang dapat dicoba:

- Buka akun Google pada browser
- Cari bagian security
- Pilih Perangkat Anda
- Klik pada bagian Kelola Perangkat
- Pilih tablet, ponsel, atau perangkat yang hilang
- Nantinya akan terlihat kapan terakhir kali perangkat digunakan dan dimana keberadaan lokasinya
- Pada sebelah akun akses terdapat pilihan logout
- Ikuti arahan yang ada pada Google
- Selanjutnya akun akan terhapus dari Google dan aplikasi lain yang terhubung dengan perangkat juga ter-logout dengan sendirinya.

BACA JUGA:Biar Gak Menyesal! Ini Tips Jitu Memilih Mobil Bekas Berkualitas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: