Cerita Lebaran Masa Kecil yang Tak Terlupakan

Cerita Lebaran Masa Kecil yang Tak Terlupakan

Momen mudik menjadi salah satu kebiasaan dan tradisi masyarakat indonesia, terutama bagi yang memiliki saudara di kampung halaman dan tinggal di perantauan. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu momen menyenangkan yang setiap tahun di nantikan oleh umat muslim di seluruh dunia adalah hari raya lebaran. Banyak sekali cerita lebaran masa kecil yang terus diingat dan hampir dilakukan sampai sekarang bukan?  Jika kamu pernah mengalami cerita lebaran seperti dibawah ini, artinya kamu punya lebaran yang sangat menyenangkan dan tak terlupakan. Rata-rata masyarakat indonesia melakukan tradisi lebaran seperti dibawah ini. Mana yang paling kamu ingat?

Setiap lebaran memang terkadang menyajikan cerita yang berbeda ya. Namun kenangan dari masa kecil akan kebiasaan-kebiasaan ini selama lebaran akan teringat selamanya. Apa saja cerita lebaran masa kecil yang penuh kenangan itu?

BACA JUGA:Ide Kado Lebaran Unik, Bakal Berkesan dan Tak Terlupakan!

1. Mudik sekeluarga
Pernah mudik ke luar kota atau bahkan ke luar pulau? Momen mudik menjadi salah satu kebiasaan dan tradisi masyarakat indonesia, terutama bagi yang memiliki saudara di kampung halaman dan tinggal di perantauan. Momen mudik menjadi salah satu pelengkap saat lebaran karena dapat bertemu dengan keluarga besar dan bertukar rindu disana.

2. Takbiran keliling
Cerita lebaran masa kecil yang mungkin paling tidak terlupakan adalah takbiran keliling di malam lebaran. Biasanya banyak anak-anak akan berkumpul membawa obor atau lampu dan berjalan keliling desa sambil mengumandangkan takbir. Momen ini sangat teringat yang sangat jarang dilakukan saat sudah dewasa bukan?

3. Menabuh bedug
Pada malam lebaran, kegiatan menabuh bedug di mushola atau masjid menjadi cerita lebaran masa kecil yang sangat menyenangkan. Menabuh bedug bersama teman-teman hingga larut malam dibarengi dengan takbiran. Sungguh momen lebaran yang sangat jarang didapati di kota besar saat ini, ya!

BACA JUGA:Jangan Ada yang Lupa! Ini Dia Persiapan Mudik Naik Motor

4. Nunggu THR
Siapa yang masa kecilnya selalu nunggu uang THR dari bapak, ibu, om dan tante? Pada momen ini memang anak kecil biasanya tiba-tiba memiliki banyak uang hasil pemberian dari THR keluarga besar. Kenangan ini biasanya akan berangsur menipis saat usia semakin dewasa dan malah ingin memberikan THR kepada adik atau keponakan ya, yoonies?

5. Beli baju baru
Kenangan masa kecil saat lebaran adalah mempunyai baju baru yang dibelikan oleh orang tua, kakak atau kakek nenek. Baju lebaran baru akan bertebaran di seluruh sudut pintu dengan gaya dan model berbeda. Biasanya saat kecil tak sabar menunggu esok hari untuk memakai baju lebaran dan dipamerkan ke teman atau saudara, ya.

6. Masak opor dan makanan lebaran
Siapa yang siang hari di bulan terakhir ramadhan sudah sibuk membantu ibu masak opor ayam dan sambal goreng kentang? Kenangan memasak besar untuk acara lebaran masih kerap dilakukan hingga kini. Ada banyak hidangan khas lebaran yang akan dimasak pada hari sebelumnya dan dinikmati bersama keluarga di pagi hari lebaran. Sungguh momen yang menyenangkan.

BACA JUGA:Mini Morris, Si Mungil yang Ikonik dan Klasik

7. Nginep bareng sekeluarga besar
Bagi keluarga yang masih punya sesepuh atau nenek tertua, biasanya rumah nenek akan dijadikan basecamp untuk menginap selama lebaran bukan? Akan ada banyak saudara, sepupu, ponakan dan semua keluarga yang mudik dari kota. Kenangan tidur bersama saat malam lebaran menjadi cerita yang akan terus diingat sampai kapan pun.

8. Makan bakso di siang hari
Nah, kalau kebiasaan mencari bakso di siang hari lebaran apakah berlaku juga di tempat kamu? Biasanya karena sudah bosan makan ketupat dan opor, siang hari ada saja yang sengaja mencari makanan lain seperti bakso atau mie ayam. Banyak juga penjual bakso yang memanfaatkan momen lebaran untuk tetap berjualan pada saat hari raya, lho.

9. Halal bi halal
Halal bi halal merupakan kegiatan pertemuan dengan keluarga besar dalam rangka bersilaturahmi dengan keluarga di lingkungan yang lebih besar. Bisa jadi kamu baru tau bahwa temanmu masih anggota keluarga dan baru kamu tahu saat datang ke halal bi halal keluarga. Momen ini juga sering dimanfaatkan bocah kecil untuk meminta THR kepada saudaranya yang lebih tua ya.

BACA JUGA:Astra Motor Bengkulu Berikan Bantuan Makanan Tambahan dan Bahan Pokok ke Posyandu

10. Sungkeman
Salah satu sesi paling sedih dan haru selama lebaran adalah kegiatan sungkem kepada orang tua yang lebih tua selepas solat hari raya. Biasanya anak-anak akan sungkem dan bersalaman bergantian kepada kakek nenek, ayah ibu, om tante dan keluarga lainnya yang lebih tua. Biasanya pada momen ini tak ketinggalan THR akan dibagikan sehingga membuat anak-anak bersemangat di hari raya.

Apakah kamu punya cerita lebaran masa kecil yang tidak bisa kamu lupakan? Cerita lebaran ini ada yang masih dilakukan hingga saat ini, namun ada juga yang mungkin tak bisa dilakukan lagi. Setiap kenangan tentu menyenangkan dan tidak akan tergantikan bukan? Jangan lupa temui dan peluk keluarga di hari raya lebaran karena sempat merayakannya bersama, ya!(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: