Wajib Kamu Coba! Konsumsi Manjakani untuk Promil

Wajib Kamu Coba! Konsumsi Manjakani untuk Promil

penggunaan manjakani dalam promil perlu dilakukan berhati-hati dan dengan pengawasan dari dokter.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Manjakani adalah tumbuhan yang sudah lama dikenal menawarkan banyak khasiat bagi kesehatan wanita. Salah satu manfaat Manjakani yang mulai banyak dikenal belakangan ini adalah untuk promil atau program kehamilan. Penasaran benar-benar ampuh atau tidak? Simak deretan khasiat buah Manjakani untuk kesuburan di sini!

Kandungan buah Manjakani
Buah Manjakani atau dalam bahasa Inggris disebut oak galls adalah buah yang tumbuh di pohon ek. Sama seperti buah lainnya, Manjakani mengandung sejumlah senyawa aktif yang memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk kesuburan. Apa saja?

BACA JUGA:Agar Diberi Keselamatan Saat Mendaki Gunung, Amalkan 3 Doa Berikut Ini

Tanin
Asam elagik
Galotanat
Flavonoid
Saponin

Kandungan-kandungan di atas menjadikan buah manjakani sebagai tumbuhan yang bermanfaat bagi kesehatan. Hal ini termasuk meningkatkan kesuburan pada wanita dan mencegah beberapa jenis penyakit. Walau begitu, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu untuk mengetahui jumlah dan dosis yang tepat dalam memakai buah manjakani.

Apakah manjakani aman untuk promil?
Meskipun buah manjakani memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, belum ada cukup penelitian yang membuktikan keamanan penggunaan manjakani untuk promil. Jadi, usahakan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum mengonsumsi buah manjakani.

BACA JUGA:Ini Dia Manfaat Ovacare untuk Promil bagi Wanita

Dokter setidaknya bisa memberikan informasi yang lebih akurat dan tepat terkait pemakaian manjakani dalam manfaat untuk promil.Mereka juga dapat membantu menentukan dosis dan penggunaan yang aman sesuai dengan kondisi kesehatan masing-masing orang.

Penting pula untuk diingat bahwa setiap obat, termasuk herbal, bisa memicu efek samping atau interaksi dengan obat lain yang tengah dikonsumsi. Oleh sebab itu, penggunaan manjakani dalam promil perlu dilakukan berhati-hati dan dengan pengawasan dari dokter.

Manfaat manjakani untuk promil
Walau masih butuh penelitian lebih lanjut untuk membuktikan khasiat manjakani untuk promil, ada beberapa klaim yang memperlihatkan manfaat buah manjakani terhadap kesuburan. Berikut ini beberapa manfaatnya!

BACA JUGA:Tarif Retribusi Sampah di Kota Bengkulu Naik Per 1 April 2024

1. Mengencangkan vagina
Manjakani mengandung senyawa tanin yang dapat membuat dinding vagina dan selaput dara lebih kencang. Proses ini disebut dengan efek astringen yang terkenal dalam dunia medis. Senyawa tanin ini dihasilkan ketika bagian manjakani terkena paparan dari reaksi perkembangbiakan tanaman tersebut.

Selain senyawa tanin, manjakani mengandung nutrisi penting seperti vitamin C dan A, zat besi, antioksidan, kalsium, dan karbohidrat. Ekstrak daun manjakani menjadi alternatif yang populer digunakan dalam banyak produk kesehatan wanita karena manfaatnya yang telah terkenal sejak lama.

2. Mencegah keputihan
Keputihan adalah kondisi yang sering dialami oleh wanita. Keputihan yang parah dapat disebabkan oleh infeksi jamur. Namun, kondisi ini juga bisa terjadi akibat faktor hormonal seperti ovulasi atau kehamilan. Manjakani diyakini dapat menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri candida penyebab keputihan.

Biasanya, dokter akan memberikan resep obat antijamur atau antibiotik untuk mengatasi keputihan yang tidak normal. Di sisi lain, manjakani dapat menjadi alternatif herbal yang membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab keputihan. Namun, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi manjakani dan periksakan kondisi keputihan yang dialami untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

BACA JUGA:Daftar Makanan Untuk Penderita Disentri yang Ampuh Redakan Gejalanya

3. Menghasilkan pelumas vagina
Manfaat lainnya dari buah manjakani untuk promil adalah memproduksi pelumas yang bisa jadi solusi dari masalah vagina kering. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu perlu mencampurkan manjakani dengan tanaman herbal lainnya. Dengan begitu, tubuh akan membantu memproduksi pelumas vagina alami yang membantu proses persalinan dan mencegah luka-luka pada area intim.

4. Menjaga keseimbangan pH pada organ reproduksi
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, manjakani bersifat astringen atau penyusut alami. Sifat ini ternyata bisa membantu menjaga keseimbangan pH pada organ reproduksi wanita.  Senyawa tanin pada manjakani juga membantu mengencangkan dan menegangkan jaringan-jaringan vagina. Alhasil, buah ini bisa menjaga keseimbangan pH pada organ reproduksi. Sementara itu, kadar pH yang tidak seimbang pada organ reproduksi bisa memicu peradangan, infeksi, atau masalah kesehatan lainnya. Misalnya, vaginosis bakterial, infeksi jamur, hingga iritasi.

BACA JUGA:BPBD Serta Tim Gabungan Mulai Buka Posko Penjagaan H-7 Lebaran

5. Mengurangi peradangan
Mengurangi peradangan juga menjadi manfaat buah manjakani yang penting untuk promil. Pasalnya, buah ini mengandung senyawa anti-inflamai, seperti tannin dan flavonoid, yang mampu mengurangi peradangan.Peradangan pada organ reproduksi dapat mengganggu kesuburan dan mempengaruhi program kehamilan.

Jika terjadi peradangan pada rahim, tuba falopi, atau ovarium, sel telur dapat terpengaruh dan tidak dapat dikeluarkan dengan normal. Akibatnya, hal ini bisa menurunkan peluang kehamilan. Selain itu, peradangan juga dapat menyebabkan peningkatan produksi radikal bebas, yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh dan mempengaruhi kesuburan.

Itu tadi sederet manfaat buah manjakani untuk promil atau program kehamilan yang bisa jadi referensi. Semoga deretan manfaat di atas bisa menjadi pertimbangan apakah kamu perlu mengonsumsi buah ini atau tidak.Namun, usahakan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan suplemen herbal apa pun dalam upaya meningkatkan kesuburan.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: