Ini Dia 5 Manfaat Puasa Ramadhan untuk Kesehatan Mental

Ini Dia 5 Manfaat Puasa Ramadhan untuk Kesehatan Mental

Manfaat puasa untuk kesehatan mental-freepik.com -

Saat puasa terkadang kita tidak sadar bahwa puasa juga bermanfaat untuk melatih kontrol diri. Ini karena saat puasa, kita perlu menahan hasrat yang berupa keinginan untuk makan dan minum, demi mencapai tujuan yang lebih besar, yaitu untuk menjalankan kewajiban ibadah dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Apabila tujuan tersebut tercapai, kemungkinan besar kamu juga akan merasa puas dan mengalami peningkatan rasa percaya diri.

3. Meningkatkan rasa empati

Puasa juga dapat memperkuat rasa empati yang kamu miliki. Pasalnya, berpuasa bisa membuatmu menjadi lebih sadar dan mengerti, bagaimana rasanya menjadi orang yang setiap harinya mungkin mengalami kekurangan makanan dan minuman.

Dengan begitu, rasa peduli dan keinginanmu untuk menolong orang lain juga akan ikut meningkat.

BACA JUGA:Sebaiknya Dihindari! Ini Dia Hukum Bekam Saat Puasa Ramadan

4. Menurunkan risiko depresi

Penelitian menyebutkan, puasa turut bermanfaat untuk menurunkan risiko depresi. Ini karena berpuasa dapat memicu produksi protein pada otak yang bernama brain-derived neurotrophic factor (BDNF).

Selain depresi, kekurangan protein BDNF juga dikaitkan dengan meningkatnya risiko berbagai masalah mental lainnya, seperti gangguan bipolar, gangguan kecemasan, serta gangguan makan.

5. Mengaktifkan proses autofagi

Ketika puasa, tubuh akan melakukan proses pembersihan sel-sel rusak yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit Parkinson dan Alzheimer. Setelah sel-sel rusak dibersihkan, tubuh akan menggantinya dengan sel-sel baru yang lebih sehat. Proses ini disebut dengan autophagy.

Nah, setelah melihat berbagai manfaat puasa di atas, kini bisa kita simpulkan bahwa anggapan puasa baik untuk kesehatan mental memang bukan mitos belaka. 

BACA JUGA:Ingin Buka Puasa dengan Kurma, Apakah Harus Dicuci Terlebih Dahulu, Ini Kata dr Zaidul Akbar

Agar manfaatnya bisa kamu rasakan secara maksimal, kamu harus menjalankan puasa dengan tepat dan disiplin. Dengan  manjalani pola hidup lebih sehat selama puasa kamu akan merasakan dampak manfaat puasa untuk otak. Semoga membantu, ya. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: