Ini Dia 5 Manfaat Puasa Ramadhan untuk Kesehatan Mental

Ini Dia 5 Manfaat Puasa Ramadhan untuk Kesehatan Mental

Manfaat puasa untuk kesehatan mental-freepik.com -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu permasalahan kesehatan yang menjadi kekhawatiran yang sering sekali muncul di masyarakat adalah kesehatan mental

Berkaitan dengan puasa ramadhan manfaat puasa bagi kesehatan fisik memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Namun, ternyata tidak hanya bagi kesehatan fisik, puasa juga disebut-sebut baik untuk kesehatan mental, lho. 

Benarkah demikian? Nah, untuk infromasi lebih lanjutnya yuk simak fakta manfaat puasa untuk kesehatan mental berikut ini. 

Selama menjalankan ibadah puasa tentu kita tidak akan mendapatkan asupan makanan dan minuman selama lebih dari 10 jam. 

Hal ini membuat energi yang biasanya digunakan tubuh untuk mencerna makanan menjadi tidak terpakai, sehingga energi tersebut bisa digunakan otak untuk meningkatkan fungsinya.

BACA JUGA:Daftar Makanan Untuk Penderita Disentri yang Ampuh Redakan Gejalanya

Benarkah Puasa Baik untuk Kesehatan Mental? 

Dilansir dari laman alodokter.com pada beberapa hari pertama puasa, kamu mungkin belum merasakan manfaat puasa untuk kesehatan mental. Pasalnya, tubuh memang membutuhkan waktu untuk beradaptasi terlebih dulu.

Namun, ketika sudah terbiasa, barulah kamu akan merasakan beberapa manfaat puasa untuk kesehatan mental seperti di bawah ini:

1. Menurunkan kadar stres

Selam puasa pola hidup akan lebih teratur. Hal ini dipercaya membuat kadar hormon stres (kortisol) di dalam tubuh lebih terjaga, sehingga stres jadi lebih terkendali. 

Di kutip dari beberapa sumber, diketahui puasa sudah sejak lama diketahui mampu membantu meningkatkan kemampuan berpikir dan membuat pikiran menjadi lebih jernih.

BACA JUGA:Benarkah Puasa Pengaruhi Kesuburan Wanita? Simak Ulasan Berikut

2. Melatih kontrol diri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: