Bolehkah Menghirup Inhaler saat Sedang Berpuasa, Simak Pendapat Ulama

Bolehkah Menghirup Inhaler saat Sedang Berpuasa, Simak Pendapat Ulama

Menghirup inhaler sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia untuk meredakan berbagai permasalah-freepik.com -

Pendapat ini merujuk kepada firman Allah SWT di surat Albaqarah ayat 173: "Barangsiapa dalam Keadaan terpaksa (memakannya) sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Dalam Hukum Penggunaan Inhaler Bagi Penderita Asma Saat Berpuasa dalam Perspektif Islam (2017), Andi Marlia Umar juga mengutip pendapat Syaikh Abdullah bin Jibrin yang mengqiaskan penggunaan inhaler dengan hukum mubahnya berkumur-kumur dan istinsyaq saat berwudu bagi orang berpuasa.

BACA JUGA:Memilih Makanan yang Tepat untuk Penderita Darah Rendah

Rujukan qiasnya adalah sabda Nabi Muhammad SAW: "Bersungguh-sungguhlah dalam istinsyaq (memasukkan air ke dalam hidung), kecuali jika engkau berpuasa,” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).

Berkumur-kumur dan istinsyaq tetap dibolehkan saat berpuasa, padahal tidak diragukan lagi akan ada risiko sedikit air bekas berkumur yang akan tertelan bersama ludah dan bisa masuk ke dalam perut.

Oleh sebab itu, adanya bagian dari obat hirup inhaler yang sampai ke tenggorokan dalam jumlah sangat kecil dianggap tidak membatalkan puasa.

Sementara dalam artikel "Hukum Menghirup Inhaler atau Minyak Angin saat Puasa" yang dilansir NU Online, Muhammad Iqbal Syauqi menuliskan pendapat Syekh Abdurrahman Ba’alawi di kitab Bughyatul Mustarsyidin yang juga menyatakan menghirup inhaler tidak membatalkan puasa.

Inhaler dianggap sama halnya dengan aroma terapi karena merupakan aroma yang dihirup dan mirip sebagaimana aroma asap.

BACA JUGA:Pasti bikin Nagih! Resep Mudah Opor Ayam untuk Lebaran

Kendati zat dari inhaler atau aroma terapi itu mencapai tenggorokan, meskipun disengaja, ia tidak membatalkan puasa karena bukan termasuk 'ain atau benda yang membatalkan puasa. 

Demikian pembahasan mengenai hukum bagaimana menggunaaka inhaler saat sedan berpuasa. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: