Ingin Sholat Dhuha di Bulan Ramadhan, Ustaz Adi Hidayat Jelaskan Batas Waktu Hingga Niat dan Tata Caranya

Ingin Sholat Dhuha di Bulan Ramadhan, Ustaz Adi Hidayat Jelaskan Batas Waktu Hingga Niat dan Tata Caranya

Ustaz Adi Hidayat jelaskan waktu sholat dhuha di bulan ramadhan-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Ustaz Adi Hidayat menjelaskan tentang batas waktu pelaksanaan Sholat Dhuha bagi umat Muslim.

Sholat Dhuha merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat Islam, termasuk di bulan Ramadhan.

Seperti halnya sholat-sholat lainnya, Sholat Dhuha dimulai dengan Takbiratul Ihram dan diakhiri dengan salam.

BACA JUGA:Dari Berbagai Doa Buka Puasa, Mana yang Paling Dianjurkan? Ini Kata Ustaz Adi Hidayat

BACA JUGA:Bolehkah Mandi Junub Setelah Sahur, Ini Jawaban Ustaz Adi Hidayat

Sholat sunnah ini merupakan salah satu amalan yang sangat ditekankan oleh Nabi Muhammad SAW. Melaksanakan sholat ini akan memberikan pahala yang besar bagi umat Muslim.

Pada bulan Ramadhan, umat Muslim diwajibkan menjalankan puasa dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari selama 30 hari atau satu bulan penuh.

Selain melakukan puasa wajib, umat Islam juga dianjurkan untuk melaksanakan berbagai amalan sunnah seperti Sholat Tarawih, Witir, Tahajud, membaca Alquran, berdzikir, dan bersedekah.

Ustaz Adi Hidayat menjelaskan bahwa Sholat Dhuha memiliki tiga jenis waktu. Yang pertama adalah sholat awal Dhuha yang sering disebut Sholat Isyraq.

Hal tersebut disampaikan Ustaz Adi Hidayat dalam suatu ceramah yang videonya diunggah oleh kanal Youtube Adi Hidayat Official.

"Usai sholat subuh tidak beranjak dulu, duduk dan berdzikir kepada Allah, bisa pula berdoa, bertafakkur atau ta'lim, bisa bertasbih dzikir pagi petang dengan kalimat-kalimat toyyibah. Lalu muncul syuruq, perjalanannya disebut isyraq melewati satu tombak bayangan, sholat dua rakaat itu pahala sholatnya senilai haji dan umrah," terang Ustaz Adi Hidayat.

Selanjutnya, pada pertengahan Dhuha sekitar pukul 8-10 pagi, Sholat Dhuha dilakukan dengan jumlah rakaat antara 2 hingga 4. Sholat ini memiliki keutamaan, yaitu mengganti seluruh dzikir yang ada dalam tubuh.

"Manfaat lainnya bisa menghambat satu musibah umum, misal kena macet Allah akan menolong tiba-tiba ada orang memberitahu jalan lain yang bisa dilewati," kata Ustaz Adi Hidayat.

Sholat terakhir dalam rangkaian Sholat Dhuha adalah sholat akhir Dhuha, yang terdiri dari 2, 4, atau 8 rakaat. Batas waktu pelaksanaannya berkisar antara pukul 10 hingga 11 pagi, menjelang waktu Zhuhur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: