Tips Aman Berolahraga Selama Puasa, Atur Waktu dan Pilihan Aktivitas dengan Bijak

 Tips Aman Berolahraga Selama Puasa, Atur Waktu dan Pilihan Aktivitas dengan Bijak

Untuk melakukan aktivitas olahraga di bulan puasa, waktu yang terbaik yaitu pada saat 1 atau 2 jam sebelum berbuka puasa--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Puasa adalah suatu kewajiban yang harus dijalankan oleh seluruh umat Muslim di dunia. Pada saat Puasa, menjalankan aktivitas olahraga tentunya menjadi hal yang cukup sulit kerena tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman selama kurang lebih 13 jam.

Namun, tentunya Puasa bukanlah halangan untuk kita tidak menjalankan aktivas olahraga. Dengan berolahraga tentunya banyak sekali manfaat yang akan kita rasakan seperti, berat badan yang terkontrol, membuat jantung lebih sehat, terhindar dari penyakit stroke, dan masih banyak lagi manfaat yang lainnya.

BACA JUGA:Begini Cara Mendaftar Mudik Gratis PT Len Industri

Tips Berolahraga Saat Puasa
Berikut ini merupakan tips-tips yang bisa kamu jalankan untuk melakukan olahraga selama menjalankan ibadah puasa:

1. Atur Waktu yang Tepat untuk Berolahraga
Untuk melakukan aktivitas olahraga di bulan puasa, waktu yang terbaik yaitu pada saat 1 atau 2 jam sebelum berbuka puasa, sehingga energi yang kamu gunakan saat melakukan aktivitas olahraga akan tergantikan pada saat kamu berbuka puasa.



2. Menentukan Jenis Olahraga yang Tepat
Jenis olahraga yang tepat saat menjalankan ibadah puasa adalah jenis olahraga yang ringan seperti jogging, bersepeda, yoga, atau melakukan senam ringan. Hindari melakukan aktivitas oahraga berat yang menguras banyak energi seperti olahraga angkat beban. Frekuensi kamu berolahraga bisa dilakukan sekitar 30 menit selama 3-4 kali dalam seminggu.

BACA JUGA:Rayakan Ramadhan, Dapatkan Saldo DANA Puluhan Jutaan Rupiah di Program NGABUBURICH DANA

3. Menjaga Pola Asupan Gizi
Melakukan aktivas olahraga saja tidak akan cukup jika kamu tidak menjaga asupan gizi yang masuk ke tubuh. Mengkonsumsi makanan yang sehat saat sahur dan berbuka puasa adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan guna menghindari berbagai macam penyakit. Konsumsi makanan yang sehat kaya akan karbohidrat, vitamin, protein, dan serat adalah salah kunci untuk menjaga keseimbangan dalam tubuh.


4. Menjaga Tubuh Agar Tetap Terhidrasi
Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh merupakan salah satu hal yang krusial agar kamu terhindar dari dehidrasi selama menjalankan aktivitas puasa di Bulan Ramadhan. Dalam mencukupi kebutuhan cairan selama puasa, kamu dianjurkan untuk banyak mengkonsumi air mineral sebanyak 2 liter atau setara dengan 8 gelas perhari dengan takaran 2 gelas saat berbuka puasa, 2 gelas sebelum tidur, 2 gelas sebelum sahur, dan 2 gelas sesudah sahur.

BACA JUGA:Ini Dia Motor Touring yang Pas untuk Perjalanan Jauh!

Pastikan kamu melakukan olahraga yang tepat selama puasa di Bulan Ramadhan, jangan memaksakan diri jika kamu tidak sanggup melakukan olahraga yang tergolong cukup berat. Pastikan kamu mengetahui kondisi tubuh sebelum berolahraga.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: