Libatkan Puluhan UMKM, Pemkot Gelar Pasar Ramadan di Halaman Berendo Masjid At-Taqwa Kota Bengkulu

Libatkan Puluhan UMKM, Pemkot Gelar Pasar Ramadan di Halaman Berendo Masjid At-Taqwa Kota Bengkulu

Pada Ramadan kali ini, masyarakat Kota Bengkulu tak perlu pusing jika ingin mencari berbagai macam kuliner dan takjil untuk berbuka puasa.-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pada Ramadan kali ini, masyarakat Kota Bengkulu tak perlu pusing jika ingin mencari berbagai macam kuliner dan takjil untuk berbuka puasa. 

Sebab, Pemkot Bengkulu melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menegah kembali menghadirkan Berendo Ramadan di halaman Berendo, Masjid At-Taqwa, seperti tahun sebelumnya.

Berendo ramadan ini merupakan salah satu program selama ramadan dimana sesuai dengan arahan Presiden RI bahwasannya setiap daerah wajib atau lebih menekankan dan menciptakan pasar-pasar baru. 

Dimana pasar-pasar baru ini nantinya dapat membangkitkan UMKM, karena dengan ada pasar-pasar ini tentunya UMKM itu ada ruang lebih untuk tampil.

BACA JUGA:Lifebuoy Berikan Pelatihan dan Edukasi Kesehatan Kepada Ratusan Santri Ponpes Darussalam Bengkulu

Ini juga sebagai langkah ke depan dalam menciptakan pasar baru untuk membangkitkan UMKM di Kota Bengkulu. 

Rencananya berendo ramadan akan dilaunching langsung oleh Pj Walikota Bengkulu beserta unsur Forkopimda.

“Berendo ramadan ini memang saat ramadan, dan merupakan salah satu pasar yang menjual berbagai makanan, baik itu menu berbuka puasa ataupun sayur-sayuran. Ada sekitar 30-an pelaku usaha menjual berbagai macam kuliner nantinya,” ungkap Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Nurlia Dewi, Sabtu 9 Maret 2024.

Dipilihnya kawasan Berendo, kata Lia, lokasi tersebut sangatlah strategis, apalagi merupakan salah satu ikon wisata di Kota Bengkulu, tentu akan ramai dikunjungi masyarakat sembari ngabuburit.

BACA JUGA:Tarif Parkir di Kota Bengkulu Resmi Naik, Sudah Berlaku Efektif Maret 2024

Sedangkan untuk biaya, tak ada pungutan untuk pelaku usaha yang berjualan di Berendo Ramadan, hanya ada biaya kebersihan dan keamanan saja sebesar Rp5 ribu.

Adanya Berendo Ramadan, ia berharap pertumbuhan ekonomi di Kota Bengkulu semakin meningkat dan UMKM terus eksis ke depannya.

“Kita berharap Kota Bengkulu semakin lama ekonominya semakin tumbuh dan UMKM-nya berkembang. Aset dan omsetnya juga terus meningkat, tentu kualitasnya juga semakin lama semakin baik serta memiliki daya saing dengan pelaku usaha-usaha yang lain. Selain itu, ke depan bisa memiliki daya saing juga untuk bisa eksis tak hanya di Kota Bengkulu tapi ditempat atau daerah lain,” tutupnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: