Prospek Kerja Ilmu Kelautan dengan Gaji yang Menjanjikan

Prospek Kerja Ilmu Kelautan dengan Gaji yang Menjanjikan

Ilmu kelautan merupakan salah satu cabang ilmu bumi yang memiliki cakupan luas. Mulai dari meteorologi laut, geologi, konservasi sumber daya lingkungan laut, hingga pengelolaan amdal.--

PNS
Jika ingin mendapat jaminan di hari tua, prospek kerja ilmu kelautan sebagai PNS bisa Anda usahakan kedepannya. Anda bisa mendaftar sebagai PNS di lembaga pemerintahan yang berfokus pada segala hal mengenai ekosistem laut, kelautan, pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar laut, dan lain-lain. Untuk gaji, seorang PNS akan mendapat gaji sekitar Rp 4.000.000 hingga Rp 8.000.000 per bulan.

Wirausaha
Bagi Anda yang menyukai dunia bisnis, prospek kerja ilmu kelautan sebagai wirausaha sangat cocok untuk Anda. Wirausaha menjadi salah satu prospek yang cukup menjanjikan. Anda bisa menjual banyak hal, seperti menjual ikan yang dikonsumsi, ikan hias, dan distributor makanan ikan. Tidak hanya itu, Anda pun bisa membuka usaha di bidang pengolahan hasil laut, seperti menjual berbagai macam kerupuk ikan dan lain-lain.

Tugas Anda sebagai wirausaha adalah harus mampu menarik perhatian pembeli melalui produk yang Anda miliki. Semakin inovatif produk Anda dan banyak dibutuhkan pasar, semakin cepat sukses usaha yang Anda jalankan.

Untuk gaji, seorang wirausaha memang tidak mendapat gaji yang pasti. Namun rata-rata Anda bisa menggaji diri Anda sendiri sekitar Rp 4.000.000 hingga Rp 5.000.000 per bulan. Semakin besar usaha Anda, maka Anda pun bisa memberi gaji pada diri sendiri dengan nominal yang lebih besar.

BACA JUGA:Hasil Pleno KPU, Anggota DPRD Mukomuko Dipenuhi Wajah Baru

Daftar Universitas dengan Prodi Ilmu Kelautan Terbaik di Indonesia
Di Indonesia, ada beberapa perguruan tinggi yang memiliki prodi (program studi) ilmu kelautan dengan akreditasi A dan BAN-PT. Berikut diantaranya:

Institut Pertanian Bogor, Jawa Barat
Universitas Padjadjaran, Jawa Barat
Universitas Jenderal Soedirman, Jawa Tengah
Universitas Diponegoro, Jawa Tengah
Universitas Trunojoyo Madura, Jawa Timur
Universitas Hasanuddin, Sulawesi Selatan
Universitas Riau, Riau
Universitas Pattimura, Provinsi Maluku

BACA JUGA:BRI Tawarkan Plafon KUR Rp 45 Juta Cicilan Hanya 0,5%. Buruan Cek Persyaratannya

Itulah 9 prospek kerja ilmu kelautan dan perkiraan gajinya yang harus Anda tahu. Tidak cukup pandai di bidang akademik, Anda pun harus cakap dalam melakukan observasi, menyelesaikan masalah, menganalisis, berpikir rasional, mampu bekerja sama dalam tim, tekun, teliti, dan detail. Maka dengan begitu, besar kemungkinan Anda mudah terserap di dunia kerja ilmu kelautan. Berkarir lah dengan tulus untuk negara maritim ini ya?(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: