Prospek Kerja Ilmu Kelautan dengan Gaji yang Menjanjikan

Prospek Kerja Ilmu Kelautan dengan Gaji yang Menjanjikan

Ilmu kelautan merupakan salah satu cabang ilmu bumi yang memiliki cakupan luas. Mulai dari meteorologi laut, geologi, konservasi sumber daya lingkungan laut, hingga pengelolaan amdal.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Prospek kerja ilmu kelautan di Indonesia masih terbuka lebar untuk Anda para lulusan ilmu kelautan atau yang saat ini masih menempuh pendidikan ilmu kelautan. Sebab, dari luasnya wilayah perairan di Indonesia ini, nyatanya masih banyak sumber daya laut yang dikelola secara tradisional. Belum banyak sumber daya manusia yang bisa mengelola wilayah perairan Indonesia ini secara modern.

Di artikel ini kami akan menjelaskan 9 Prospek kerja ilmu kelautan, lengkap dengan gaji yang nantinya Anda terima. Namun sebelumnya, ketahui terlebih dahulu beberapa hal tentang jurusan ilmu kelautan itu sendiri.

Sekilas tentang ilmu kelautan
ilmu kelautan merupakan salah satu cabang ilmu bumi yang memiliki cakupan luas. Mulai dari meteorologi laut, geologi, konservasi sumber daya lingkungan laut, hingga pengelolaan amdal. Mengambil studi ilmu kelautan, Anda tidak hanya mempelajari ilmu tentang lautan saja. Melainkan juga mempelajari tentang area pesisir dan pemberdayaan masyarakat di sekitarnya, yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan.

BACA JUGA:Ini Dia Barang Impor Indonesia dari China yang Paling Laris

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Kelautan
Nah, secara lebih spesifik, di bawah ini adalah beberapa mata kuliah yang dipelajari oleh mahasiswa ilmu kelautan

Geologi Laut
Ichtyologi
Oseanografi
Selam
Bioteknologi
Fisiologi Hewan Akuatik
Koralogi
Pencemaran Laut
Sedimentologi
Akustik dan Telemetri Kelautan
Instrumentasi Kelautan
Dan lain-lain

BACA JUGA:Mau Bisnis Ekspor Impor? Pahami Apa Itu Jasa Custom Clearance

Sementara, pengetahuan dan keahlian yang harus dimiliki oleh mahasiswa ilmu kelautan, antara lain:
Mampu melakukan observasi
Memiliki kemampuan memecahkan masalah
Pandai melakukan analisis
Mampu berpikir rasional
Bisa bekerja sama dalam tim
Tekun, teliti, dan detail

Alasan Memilih Jurusan Ilmu Kelautan
Ilmu kelautan sangat menarik untuk Anda eksplor. Indonesia memiliki laut yang sangat indah dan luas. Bukan sekadar eksplor bersenang-senang, tetapi juga memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan.

Rata-rata orang memilih jurusan ilmu kelautan karena beberapa hal di bawah ini:
1. Menyukai kegiatan outdoor, diving, dan segala hal yang berhubungan dengan laut. Bekerja dan bersenang-senang.
2. Memiliki prospek kerja yang sangat banyak, sebab lulusan ilmu kelautan sangat dibutuhkan untuk mengelola sumber daya laut sebaik mungkin.
3. Ingin memberikan sumbangsih untuk perairan Indonesia.

BACA JUGA:Mau Bisnis Ekspor Impor? Pahami Apa Itu Jasa Custom Clearance

Prospek Kerja Ilmu Kelautan
Jangan pernah menganggap remeh bahwa prospek kerja ilmu kelautan tidak sebanyak prospek kerja jurusan Biologi maupun disiplin ilmu lainnya, loh ya. Peluang berkarir di dunia ilmu kelautan masih terbuka lebar untuk para lulusan ilmu kelautan. Berikut 9 diantaranya:

Manajer Akuakultur
Profesi sebagai manajer akuakultur tidak hanya cocok untuk para lulusan akuakultur, tetapi juga cocok untuk Anda jadikan prospek kerja ilmu kelautan. Akuakultur adalah budidaya perairan yang tugasnya mempelajari aktivitas pemeliharaan, penangkaran, serta pengembangbiakan biota laut atau air tawar.

Menjadi manajer akuakultur, berarti Anda harus bisa mengarahkan dan mengkoordinasi aktivitas para pekerja produksi pembenihan ikan sebaik mungkin untuk perusahaan. Bagaimana bisa proses produksi ikan berjalan lancar, dengan tetap memperhatikan prinsip kelestarian lingkungan dan sumber daya alam. Gaji seorang manajer akuakultur berkisar Rp 4.100.000 hingga Rp 5.800.000 per bulannya.

Spesialis Konservasi Alam
Sesuai dengan namanya, prospek kerja ilmu kelautan sebagai spesialis konservasi alam berkaitan dengan pemeliharaan alam, khususnya di area perairan. Secara khusus, Anda pun bisa mengambil spesialisasi lagi dalam pekerjaan ini. Misalnya saja dengan menjadi spesialis konservasi batu karang.

BACA JUGA:Ini Dia Rekomendasi Aplikasi Transfer Uang yang Bagus dan Aman di Indonesia

Seorang spesialis konservasi alam, artinya Anda harus bisa mencari solusi atas setiap permasalahan yang terjadi di area perairan. Tujuannya, agar kualitas sumber daya alam di dalamnya tetap dalam kondisi baik dan bisa berdampak positif terhadap lingkungan. Seorang spesialis konservasi alam di Indonesia mendapat gaji sekitar Rp 4.200.000 hingga Rp 6.700.000 per bulannya.

Teknik Kelautan (Ocean Engineering)
Prospek kerja ilmu kelautan sebagai teknik kelautan berkaitan dengan pengoperasian mesin dan kapal, termasuk di dalamnya adalah sistem sumber daya listrik dan mesin penggerak. Berprofesi di bidang teknik kelautan ini nantinya Anda memiliki tugas untuk memeriksa peralatan dan mesin kapal yang digunakan untuk pembukaan lowongan kerja, melakukan studi kinerja, operasi, dan lingkungan untuk mengembangkan produk perkapalan, dan lain-lain. Gaji seorang teknik kelautan berkisar Rp 73.99 USD atau sekitar Rp 1,07 miliar per tahunnya. Wow, cukup besar ya?

BACA JUGA: Bingung Mengatur Uang Gaji 2 Juta Sebulan supaya Hemat? Begini Caranya\

Dosen
Dulunya menjadi mahasiswa, sekarang menjadi Dosen. Ya, prospek kerja ilmu kelautan sebagai Dosen tidak lekang oleh waktu. Untuk menjadi Dosen ilmu kelautan, Anda harus menempuh pendidikan S2 terlebih dahulu agar semakin banyak ilmu yang bisa Anda transfer kepada mahasiswa.

Tidak hanya mengajar, nantinya Anda juga harus melakukan penelitian. Mengamati permasalahan yang ada dan menciptakan solusi baru. Sebagai pengajar atau Dosen, rata-rata Anda akan mendapat gaji sekitar Rp 4.000.000 per bulannya. Ini juga tergantung dimana Anda bekerja dan tingkat pengalaman kerja yang Anda miliki.

Pembenihan Ikan
Tertarik bekerja sebagai pembudidaya ikan? Prospek kerja ilmu kelautan sebagai pembenihan ikan bisa menjadi pilihan yang tepat. Bekerja disini, tentu saja Anda memiliki peran penting dalam proses pembenihan ikan agar nantinya bisa dipasarkan.

Berbekal dengan ilmu yang Anda pelajari selama kuliah, Anda pun akan tahu mana ikan yang segar dan mana yang tidak, bagaimana memelihara induk ikan, proses pemijahan, pemeliharaan larva, penetasan telur, hingga pembesarannya. Di Indonesia, gaji seorang pembenihan ikan bisa mencapai Rp 3.000.000 hingga Rp 4.0000.000 per bulan.

BACA JUGA:Dijamin Hemat! Cara Jitu Mengatur Keuangan Anak Kos

Peneliti
Untuk Anda yang memiliki ketertarikan dalam dunia riset, Anda bisa memanfaatkan prospek kerja ilmu kelautan sebagai Peneliti. Tentu saja, nantinya Anda akan meneliti di bagian kelautan. Anda akan mempelajari wilayah kelautan, biota laut, dan segala yang yang berhubungan dengan kehidupan laut.

Jangan salah, seorang Peneliti juga memiliki andil yang cukup besar untuk masyarakat, loh. Anda bisa mengedukasi masyarakat yang berhubungan dengan laut dan aneka sumber daya di dalamnya. Untuk gaji, seorang Peneliti di bidang kelautan ini akan mendapat gaji sekitar Rp 5.000.000 per bulannya.

Bekerja di Perusahaan Pemerintahan
Ada pekerjaan di perusahaan pemerintahan yang memang khusus diberikan kepada para lulusan ilmu kelautan. Misalnya saja bekerja di Kementerian Kelautan dan Perikanan. Biasanya, seorang yang bekerja di kantor kementerian ini akan ditempatkan di bidang analis. Misalnya, akan menjadi analis kelautan dan perikanan, analisis mutu perikanan, analis konservasi kawasan, dan lain-lain.

Untuk tugas dan tanggung jawabnya, itu tergantung di bagian apa Anda bekerja. Begitu pun dengan gaji. Namun, rata-rata lulusan ilmu kelautan yang bekerja di perusahaan pemerintahan ini mendapat gaji sekitar Rp 4.000.000 hingga Rp 5.000.000 per bulan.

BACA JUGA:HP Xiaomi Sering Muncul Iklan Bikin Ganggu Aktivitas, Begini Cara Menghilangkannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: