Pensiunan Gak Usah Bingung! Ini Dia Penyedia Pinjaman dengan Jaminan SK Pensiun 2024

Pensiunan Gak Usah Bingung! Ini Dia Penyedia Pinjaman dengan Jaminan SK Pensiun 2024

Briguna Purna adalah salah satu pinjaman pensiun dari BRI yang bisa diajukan oleh pensiunan PNS maupun swasta--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kalian mungkin belum banyak mendengar tentang pinjaman dengan jaminan SK pensiun karena memang belum populer seperti kredit usaha lainnya. Para pegawai yang sudah purna tugas ternyata bisa menggunakan SK pensiun PNS sebagai jaminan untuk meminjam dana di bank.

Bunga yang diterapkan untuk pinjaman pensiun terbilang ringan. Berikut beberapa bank yang menyediakan pinjaman dengan jaminan SK pensiun. Meski masa pensiun idealnya adalah masa untuk bersantai, tetapi sah-sah saja untuk berutang. Pinjaman yang diberikan oleh bank dapat dimanfaatkan untuk biaya pendidikan, renovasi rumah, modal usaha dan lain sebagainya.

BACA JUGA:Jangan Dipaksa! Ini Dia Persiapan Khusus, Ketika Anak Mau Sunat

BRIguna Purna
Pinjaman dengan Jaminan SK Pensiun yang pertama dan yang paling populer adalah BRIguna Purna. Briguna Purna adalah salah satu pinjaman pensiun dari BRI yang bisa diajukan oleh pensiunan PNS maupun swasta. Pinjaman ini banyak dilirik karena memang dapat diajukan oleh siapa saja tanpa harus menjadi konsumen payroll.

Pinjaman BRIguna Purna ini bahkan tidak ada batasannya lho, tetapi disesuaikan dengan kemampuan calon debitur. Tenor yang diberikan maksimal 15 tahun atau saat usia 75 ketika pelunasan. BRIguna Purna dapat digunakan untuk memenuhi beragam kebutuhan, baik produktif maupun non-produktif.

Apabila debitur meninggal dunia, pertanggungan akan dialihkan ke asuransi jiwa dan pinjaman dengan nilai maksimal Rp 500 juta. Mengenai pengajuan pinjaman BRIguna Purna harus melengkapi beberapa syarat pinjam uang di BRI berikut.

BACA JUGA:Resesi Seks! Jepang Terancam Penurunan Populasi

- KTP, KK dan NPWP
- SK Pensiun yang asli
- Kartu registrasi induk pensiun (KARIP)
- Daftar pembayaran pensiun
- Buku pensiun
- Foto suami atau istri
- Fotokopi buku tabungan BRI.

BTPN Kredit Pensiun Sejahtera
BTPN merupakan bank pensiunan nasional yang memiliki layanan pinjaman dengan SK pensiun untuk para pensiunan purna bakti. Bukan hanya pensiunan PNS saja, pensiunan janda atau duda juga dapat mengajukan pinjaman ini. Syaratnya usia pensiunan janda atau duda minimal 25 tahun saat mengajukan pinjaman. Sisa pinjaman wajib dilunasi langsung jika pensiunan janda atau duda tersebut menikah lagi.

Kredit Pensiun Sejahtera menawarkan plafon hingga Rp 500 juta dengan tenor 15 tahun (180 bulan). Bunga pinjaman dan biaya untuk Kredit Pensiun Sejahtera antara lain:

BACA JUGA:Pilihan Kredit Pensiun Usia 80 Tahun, Mana yang Terbaik

- Bunga pinjaman maksimal 3% (flat) per bulan
- Biaya administrasi maksimal 3% dari plafon yang disetujui
- Biaya tata laksana maksimal 3% dari plafon yang disetujui
- Biaya pelunasan dipercepat maksimal 10% dari nilai plafon yang disetujui
- Biaya premi asuransi jiwa disesuaikan kebijakan perusahaan asuransinya

Pinjaman ini dapat diajukan oleh mereka yang tidak memiliki kredit macet atau masalah kredit lain sebelumnya. Persyaratan dokumen untuk pengajuan pinjaman dengan jaminan SK pensiun BTPN ini antara lain:

- SK pensiun asli
- Fotokopi KTP
- Fotokopi KK
- Fotokopi buku tabungan
- Formulir pernyataan kesehatan (untuk pinjaman di atas Rp 100 juta).

BACA JUGA:Ini Besaran Bunga Pinjaman Pensiunan Janda BRI 2024

BNI Fleksi Pensiun
Satu lagi pinjaman dengan SK pensiun dari BNI yaitu pinjaman Fleksi Pensiun. Pinjaman ini dapat digunakan untuk memenuhi beragam kebutuhan. BNI Fleksi pensiun diperuntukkan bagi pensiunan ASN, TNI/POLRI, BUMN/BUMD, serta peserta PT Taspen, PT ASABRI, dan lembaga pensiun lainnya yang bekerja sama. Ahli waris, pensiun janda atau pensiunan duda tidak bisa mengajukan pinjaman ini ya karena BNI Fleksi Pensiun hanya boleh diajukan oleh pensiunan itu sendiri.

BNI menyediakan plafon mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 500 juta dengan tenor maksimal 15 tahun. Mengenai biaya dan bunga pinjaman, ketentuannya seperti berikut.

- Bunga pinjaman ditetapkan 8,4-12% (flat) per tahun
- Biaya provisi 1% dari maksimum kredit
- Biaya asuransi jiwa mulai dari 0,13% per tahun
- Biaya pelunasan dipercepat 2% dari sisa pinjaman

Tertarik untuk mengajukan pinjaman BNI Fleksi Pensiun, lengkapi dulu beberapa syarat dokumen berikut.
- SK pensiun asli
- Fotokopi KTP
- Fotokopi KK
- Fotokopi NPWP
- SK terakhir saat masih menjadi pegawai aktif
- SK pengangkatan pertama (pensiunan PNS/TNI/POLRI)
- Fotokopi SK terakhir kenaikan gaji berkala
- Slip gaji PNS asli.

Kredit Mantap Pensiun
Bank Mandiri Taspen (Mantap) menjadi salah satu penyedia pinjaman dengan SK pensiun yang diberikan bagi para pensiunan ASN, TNI, POLRI, BUMN dan BUMD. Mandiri Taspen menyediakan Kredit Mantap Pensiun dengan nilai pinjaman maksimal Rp 350 juta dengan tenor 1-15 tahun atau saat usia maksimal 75 tahun ketika pelunasan. Biaya pinjaman serta bunga yang ditetapkan untuk Kredit Mantap Pensiun antara lain:

BACA JUGA:Bisa Dicoba! 14 Ide Usaha di Luar Negeri yang Belum Ada di Indonesia

- Biaya provisi 1% dari nilai pinjaman yang disetujui
- Biaya asuransi jiwa disesuaikan dengan perusahaan asuransi
- Bunga pinjaman 9,6% per tahun.

Pengajuan Kredit Mantap Pensiun dapat dilakukan oleh pensiunan dengan melengkapi beberapa syarat dan dokumen berikut.
- SK pensiun asli
- Fotokopi KTP
- Fotokopi surat nikah
- Fotokopi KK
- Fotokopi NPWP
- Kartu identitas pensiun.

Kredit Ringan BTN Pensiunan
Bank BTN menyediakan layanan pinjaman bagi para pensiun melalui Kredit Ringan Pensiunan. Pinjaman ini diberikan kepada para pensiunan ASN, TNI/POLRI, pensiunan janda dan pensiunan duda. Plafon yang ditawarkan maksimal Rp 300 juta dengan jangka waktu pelunasan maksimal 15 tahun atau saat usia maksimal 75 tahun ketika pelunasan.

Pinjaman ini diperuntukkan bagi pensiunan yang merupakan nasabah payroll yaitu pensiunan yang uang pensiunannya disalurkan melalui Bank BTN. Biaya dan bunga pinjaman yang ditetapkan untuk Kredit Ringan Pensiunan antara lain:
- Biaya administrasi Rp 150 ribu
- Biaya provisi 1% dari nilai pinjaman
- Biaya asuransi jiwa tergantung perusahaan asuransi
- Bunga pinjaman 10,25% (flat) per tahun

Pastikan tidak memiliki kredit macet untuk bisa mendapatkan pinjaman dengan SK pensiun dari Bank BTN ini. Selain itu, calon debitur juga harus melengkapi dokumen persyaratan seperti pada umumnya yang meliputi:
- SK pensiun asli
- Kartu identitas pensiun
- Surat pernyataan debitur akan menyalurkan uang pensiun melalui Bank BTN
- Fotokopi KTP
- Fotokopi KK
- Fotokopi rekening tabungan

BACA JUGA:Ini Spesifikasi dan Harga HP Asus ROG Phone 8

BRI Agro Kredit Pensiun
Nasabah payroll dapat menggunakan fasilitas pinjaman dengan jaminan SK pensiun dari BRI Agro. Kredit Pensiunan ditawarkan tanpa batasan plafon dengan disesuaikan kemampuan debitur. Tenor atau jangka waktu pelunasan untuk pinjaman dengan jaminan SK pensiun ini maksimal 15 tahun (18 bulan) atau saat usia nasabah 75 tahun ketika pelunasan.

Pinjaman yang disediakan oleh anak perusahaan BRI ini dapat diajukan oleh pensiunan yang menjadi nasabah payroll dan tidak memiliki masalah kredit sebelumnya. Beberapa persyaratan dokumen yang harus dilengkapi untuk mengajukan BRI Agro Kredit Pensiun antara lain:

- Fotokopi KTP
- Fotokopi KK
- Fotokopi NPWP
- SK pensiun asli
- Salinan dan lembar asli slip pensiun
- Bukan tabungan BRI atas nama pemohon
- Salinan buku pensiun dan KARIP.

Biaya dan bunga pinjaman untuk Kredit Pensiun dari BRI Agro termasuk rendah. Berikut bunga dan biaya pinjaman yang ditetapkan bank BUMN ini.
- Bunga pinjaman 1,49% per bulan
- Biaya administrasi Rp 100.000
- Biaya provisi 1,5% dari nilai pinjaman
- Biaya asuransi jiwa disesuaikan kebijakan perusahaan asuransi.

bjb Kredit Purna Bhakti (KPB)
Bank bjb melalui produk Kredit Purna Bhaktinya menyediakan kredit pinjaman untuk debitur dengan status Pensiun Sendiri atau Pensiun Janda/Duda yang uang pensiunan bulanannya telah disalurkan melalui bank. Untuk plafon pinjaman tanpa angunan sebesar 500 juta dan jika lebih dair 500 juta wajib meyertakan agunan atau jaminan.

Pinjaman pensiunan bjb ini memiliki tenor maksimal hingga 15 tahun dengan biaya provisi 0.2% per tahun. Biaya dan bunga pinjaman untuk Kredit Purna Bhakti dari bank bjb terbilang rendah. Berikut ketentuan dan bunga yang ditetapkan:

BACA JUGA:Amalan Sahabat Rasul yang Membuatnya Kaya, Amalkan Bila Ingin Kaya Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: