Ini Dia Tanda Ciri Fisik Pubertas pada Anak Perempuan

 Ini Dia Tanda Ciri Fisik Pubertas pada Anak Perempuan

pubertas pada anak perempuan bisa terjadi begitu cepat saat memasuki usia 8 tahun. --

Tentang Terangsang
Saat usia pubertas, wajar bila anak mengalami apa yang disebut dengan terangsang (secara seksual). Hal tersebut normal karena pengaruh hormon pubertas. Tapi, anak harus bisa mengendalikannya dengan baik. Ajari juga untuk mengatasinya, misal dengan cara cari tempat aman atau berdiam diri di kamar, kemudian tarik napas dan hitung sampai 10 kali.

Prinsip Abstinence
Merupakan prinsip pantang melakukan hubungan seks sebelum menikah. Kamu sebagai orang tua, bisa menjelaskan bahwa anak-anak akan merasakan kesulitan atau merasa sendirian ketika hamil atau menghamili di luar pernikahan, ketika teman-teman sebayanya masih bisa mengaktualisasikan diri atau masih bisa main.

BACA JUGA:Selain Harus Netral, Pemkot Bengkulu Juga Imbau ASN Tak Golput Saat Pemilu 2024

Mencegah kejahatan seksual
Anak harus memahami batasan sentuhan lawan jenis yang membuat anak tidak aman dan nyaman. Anak harus diajarkan mengenai prinsip otoritas tubuh. Kamu bisa beri contoh perilaku grooming, agar anak tidak terjebak pada hubungan manipulatif hingga pelecehan seksual.

Edukasi ini harus disampaikan, agar anak tidak mencari tahu yang belum tentu benar atau sesuai dengan nilai keluarga. Pada dasarnya, ciri fisik pubertas pada anak perempuan yang perlu diketahui setiap orang tua. Pasalnya, peran orang tua sangat penting untuk menjelaskan hal ini kepada anak agar tidak panik. Supaya bisa memberikan pemahaman tentang fase pubertas yang anak alami.(**)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: